DAMPAK NILAI FINAL TERHADAP KINERJA DOSEN DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA MANAJEMEN (STUDI PADA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI)

  • Efita Kumala Dewi
  • Restin Meilina

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak dari nilai final terhadap kinerja dosen menurut persepsi mahasiswa manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri, dengan melakukan wawancara mendalam, dan diolah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Persepsi mahasiswa terkait pemberian nilai final yang diberikan dosen kepada mahasiswa dinilai kurang memuaskan, karena beberapa dosen masih memberi nilai secara asal-asalan. b) Faktor-faktor lain yang mempengaruhi mahasiswa dalam menilai kinerja dosen menurut mahasiswa bisa dari bagaimana cara dosen tersebut dalam memaparkan materi, dan keaktifan dosen tersebut dalam mengisi jam perkuliahan, c) Upaya yang harus dilakukan dosen agar mahasiswa menilai kinerjanya bukan berdasarkan dari pemberian nilai final yaitu bisa dengan cara memberikan suasana nyaman dan tenang pada saat mata perkuliahan sedang berlangsung.

Kata kunci: Nilai Final, Kinerja, Persepsi.

References

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Edison, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mangkunegara, A. P. (2011). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Mariadi, Y., Isnawati, I., & Isnaini, Z. (2019). Dampak Nilai Final Terhadap Kinerja Dosen Dalam Perspektif Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 3(2), 64–93. https://doi.org/10.29303/jaa.v3i2.54
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pramudyo, A. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. 1(1), 1–11.
Roziqin. (2010). Kepuasan Kerja. Malang: Averroes Press.
Undang-Undang RI No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. (n.d.). Retrieved from https://unnes.ac.id/wp-content/uploads/uu-12-2012.pdf
Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umim. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Widodo. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogayakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2021-01-06