MEMBANGUN MINAT MEMBACA MELALUI PERILAKU BELAJAR DAN KOMPETENSI SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar dan kompetensi terhadap pemahaman akuntansi melalui minat membaca mahasiswa pada STIE Mahkota Tricom Unggul. Jenis penelitian ini yaitu penelitian asosiatif. Adapun yang menjadi populasi dan sampel yaitu mahasiswa aktif STIE Mahkota Tricom Unggul berjumlah 210 mahasiswa aktif tahun ajaran 2017-2020. Kemudian teknik penarikkan sampel menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur dimana untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel independen terhadap variabel dependen serta peran dari variabel mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap minat membaca mahasiswa. 2) Kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap minat membaca mahasiswa. 3) Perilaku belajar tidak signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. 4) Kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. 5) Minat membaca berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. 6) Perilaku belajar tidak memiliki berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa melalui minat membaca. 7) Kompetensi memiliki berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa melalui minat membaca.
References
Arda, D. R. P. M. (2019). Kompetensi Dosen Dan Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Astuti, ni wayan widi. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Siswa Dan Sarana Media Pembelajaran Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di SMK Farmasi Saraswati Denpasar. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.5281/zenodo.3517972
Dianasari, F. N. I. E. E. P. J. R. A. D. (2018). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Minat Baca Di Desa Bluluk, Lamongan. In Seminar Nasional PPM (pp. 1354–1364).
Gumilar, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Penelitian Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran). Jurnal Siliwangi, 5(1), 44–46.
H, A. M. H. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Dosen Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Semester II AKJP II Pekanbaru. Jurnal HUMMANSI (Humaniora …, 3(1), 15–22.
Jatmiko, U. (2015). Pengaruh Kompetensi Pembelajaran Dosen Dan Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri Kediri. Jurnal Revitalisasi, 04(2), 86–100.
Kresnandra, A. A. N. A. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi, 28(3), 2065–2075.
Kristianto, F. B. A. N. R. D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelktual, Perilaku Belajar, Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 14(2), 351–360.
Marsudi, D. S. G. J. (2018). Pengaruh Minat Belajar Ketersediaan Sarana Pendidikan Dan Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman PSAK Konvergensi. Jurnal Akunida, 4(1), 21–34.
Musafiri, M. R. Al. (2016). Pengaruh Minat Baca Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling islamIAI Darussalam Blokagung. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, VII(2), 466–478.
Nahak, Y. K. A. S. A. S. (2019). Pengaruh Minat Membaca Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa SMA Negeri 1 Kefamenanu Tahun Ajaran 2019/2020. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Volume, 5(1), 14–24.
Narindra, A. A. N. M. I. G. A. N. B. (2018). Pengaruh Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntasi Dengan Minat Belajar Dan Kepercayaan Diri Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(3), 903–930.
Narwati, S. D. S. (2012). Panduan Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Konsep dan Implementasi). Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga.
Nelly Rohma. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dam Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Isalam IAIN Surakarta). Surakarta.
P.S, N. H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung). Bandar Lampung.
Prasetio, R. W. M. A. P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 94–102.
Prasetyaningsih, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester Akhir Angkatan 2014 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Putra, D. R. (2020). Pengaruh Minat Baca, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Bisnis Di Program Studi Manajemen Universitas Putra Indonesia YPTK Padangâ€. Jurnal Education and Development, 8(2), 276–280.
Ratnaningrum. (2020). Engaruh Efektivitas Pelayanan Akademik Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Edum Journal, 3(1), 29–43.
Rozak, A. M. M. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Research Article, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21070/jas.v3i1.2535
Rusiadi, Nur Subiantoro, R. H. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan (Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisres). Medan: USU Press.
Rusmita, S. I. S. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEB UNTAN). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 72–85.
Sitawati, A. P. R. (2017). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Dan Kecerdasan Emosional (Eq) Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa AMIK JTC Semarang Angkatan 2012 - 2014). Infokom, 1(13), 51–60.
Sulindawati, L. D. N. S. N. T. H. N. L. G. E. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Akuntansi Program S1, 8(2).
Susandya, N. N. S. A. A. P. G. B. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi: Minat Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Akuntansi, 53(9), 1689–1699.
Sutrisno, L. A. R. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UNTAG Semarang). Media Ekonomi, 31(1), 26–38.
Syamsuddin. (2014). Pengaruh Motivasi, Minat Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi Pada Perguruan Tinggi Di Makassar. Makasaar. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Syamsuri, A. A. A. S. A. S. (2019). Pengaruh Sarana, Iklim Sekolah, Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 166–185. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.518
Wirawati, N. P. L. G. N. G. P. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 1377–1404.
Yanti, A. D. M. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Mikroskil Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 5(April), 11–20.
Yulyanah. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Akuntansi Dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Akuntansi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004