PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAPAN PELANGGAN (STUDI KASUS KOPI JANJI JIWA JILID 35 KOTA TANGERANG)
DOI:
https://doi.org/10.35592/jeb.v28i1.2455Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Lokasi, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1), Promosi (X2), Lokasi (X3) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) secara parsial dan simultan pada Kopi Janji Jiwa Jilid 35 Kota Tangerang. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Kopi Jnaji Jiwa Jilid 35 Kota Tangerang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Korelasi Berganda, Uji Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, serta Uji Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS Versi 24. Hasil pengujian hipotesis melalui uji t menunjukkan bahwa kedua variabel yaitu Kualitas Produk dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, sedangkan variabel Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kemudian uji F menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Promosi, dan Lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan hasil dari R Square adalah sebesar 0.684 atau 68,4%. Artinya variabel kualitas produk, promosi, dan lokasi dapat menjelaskan variabel kepuasan pelanggan sebesar 68,4%, sisanya sebesar 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.