PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAPAN PELANGGAN (STUDI KASUS KOPI JANJI JIWA JILID 35 KOTA TANGERANG)

Authors

  • Mutia Nursaidah Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang
  • Asep Ferry Bastian Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang
  • Imas Sukaesih Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.35592/jeb.v28i1.2455

Keywords:

Kualitas Produk, Promosi, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1), Promosi  (X2), Lokasi (X3) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) secara parsial dan simultan pada Kopi Janji Jiwa Jilid 35 Kota Tangerang. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Kopi Jnaji Jiwa Jilid 35 Kota Tangerang. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Korelasi Berganda, Uji Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, serta Uji Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS Versi 24. Hasil  pengujian hipotesis melalui uji t menunjukkan bahwa kedua variabel yaitu  Kualitas Produk  dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, sedangkan variabel Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kemudian uji F menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Promosi, dan Lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan hasil dari  R Square adalah sebesar 0.684 atau 68,4%. Artinya variabel kualitas produk, promosi, dan lokasi dapat menjelaskan variabel kepuasan pelanggan sebesar 68,4%, sisanya sebesar 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

References

<ol><li>Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aicos Produksi Pt. Bumi Sarimas Indonesia. 1–9. https://doi.org/10.31219/osf.io/w6dt5</li><li>Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.</li><li>Fitriah, N. L., & Budiyanto. (2020). Pengaruh kualitas produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Kedai Friday Kopi Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(3), 1–23.</li><li>Maidy Tandiono, C., & Laura Sahetapy, W. (2020). Analisi Brand Personality dari Franchise Kopi Janji Jiwa di Surabaya. Agora, 8(1), 1.</li><li>Maulidina, K. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Pondok Mataram Di Kota Tebing Tinggi. Maulidina, 4–16.</li><li>Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Strategi Survival UMKM Batik Tulis Pekalongan di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada “Batik Pesisir”Pekalongan). Jurnal Bisnis Dan Kajian Manajemen, 4(2), 189–214. http://www.jurnal.utu.ac.id/jbkan/article/view/2424</li><li>Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Pnelitian untuk Bisnis Buku 2 (D. A. Halim (ed.); 6th ed.). Salemba Empat.</li><li>Situmeang, L. S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.</li><li>Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing.</li><li>Suarni, E. (2021). Analisis Strategi Produk, Harga, Promosi, dan Tempat terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Kopi di Rantauprapat. 23(1), 31–40.</li><li>Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta, Bandung.</li><li>Wahyudi, M. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Suasana, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Lele Kepruk. Docroral Dissertation, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.</li><li>Wiranata, A. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kafe RS Kopi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8, 1–18.</li></ol>

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Nursaidah, M., Bastian, A. F., & Sukaesih, I. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAPAN PELANGGAN (STUDI KASUS KOPI JANJI JIWA JILID 35 KOTA TANGERANG). EKONOMI BISNIS, 28(1), 149–162. https://doi.org/10.35592/jeb.v28i1.2455