PENERAPAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP PADA PT ANTAM Tbk.

Authors

  • Asadul Usud Boyratan
  • Slamet Maryoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode depresiasi aktiva tetap pada PT Antam Tbk. Metode penelitian dalam penelitian ini meliputi studi pustaka (library research) yaitu data diperoleh melalui sumber buku, jurnal dan literatur yang berhubungan dengan judul dan topik penelitian. Observasi non perilaku yaitu data diperoleh melalui bursa efek Indonesia dengan melihat laporan keuangan  PT. Antam Tbk periode 2018. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Perhitungan beban penyusutan yang menggunakan Metode Garis Lurus yang mana akan menghasilkan beban penyusutan yang sama besar setiap tahun. Apabila perusahaan menggunakan metode jumlah angka tahun, metode saldo menurun dan saldo menurun ganda maka beban penyusutan pada setiap tahun cenderung menurun. Perusahaan sebaiknya menggunakan metode garis lurus dalam perhitungan beban penyusutan pada aktiva tetap karena laba yang diperoleh setiap tahunnya akan stabil.

Kata Kunci: Depresiasi, Aktiva Tetap, Garis Lurus

References

Dian Indah Sari , 2018. Analisis Depresiasi Aktiva Tetap Metode Garis Lurus dan Jumlah Angka Tahun PT Adira Dinamika. Jurnal Moneter. 86-9.

Effendi, Rizal. 2015. Accounting Principles: Prinsip-prinsip Akuntansi Berbasis SAK ETAP Edisi Revisi, Jakarta : PT findo Persada

Ermanuri, Dkk. Penerapan Metode Penyusutan Aktiva Tetap Pada Rumah Sakit Melati Tangerang. Jurnal Lentera Akuntansi. Jurnal Lentera Akuntansi. 62-70.

Hery. 2014. Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: Grasindo

Hery. 2015. Pengantar Akuntansi, Comprehensive Edition. Penerbit PT Grasindo, Anggota Ikapi. Jakarta.

Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Jakarta : Salemba Empat

Nur, Muhammad dan Hamizar.2014. Intermediate Accounting, Jakarta : Lentera Ilmu Cendekia

Pesak, Faneisya, dkk. 2018. Analisis Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menurut Standar Akuntansi Keuangan dan Peraturan Perpajakan pada CV Samia Sejahtera. Unsrat 456 – 466.

Downloads

Published

2020-07-16

How to Cite

Boyratan, A. U., & Maryoso, S. (2020). PENERAPAN METODE DEPRESIASI AKTIVA TETAP PADA PT ANTAM Tbk. EKONOMI BISNIS, 26(1), 187–197. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/618