ANALISIS PERBANDINGAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG E-COMMERCE (STUDI KASUS PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK)

Authors

  • Ni Kadek Adi Istriawati
  • I Putu Satwika
  • Ni Made Estiyanti

Abstract

Adanya kemajuan Teknologi Informasi (TI) yang mampu menghasilkan transformasi aktivitas kehidupan manusia dalam berbagai bidang, salah satunya bidang e-commerce dan banyak startup- startup yang muncul dalam bidang penjualan online. Hal ini mendorong salah satu perusahaan retail PT Matahari Department Store Tbk untuk memperluas bisnisnya menggunakan platform e-commerce untuk menjual produk eklusifnya dengan konsep Omni-Channel. Perusahaan melakukan kerjasama dengan pembelian saham di PT Global Ecommerce yang merupakan induk dari perusahaan MatahariMall pada tahun 2015, tahun 2016 perusahan meluncurkan platform digitalnya yaitu MatahariStore.com dan tahun 2018 perusahaan melakukan rebrending situs menjadi Matahari.com yang merupakan gabungan dari MatahariMall dengan MatahariStore.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan profitabilitas yang ditimbulkan dari penerapan teknologi informasi dalam bidang e-commerce. Metode yang digunakan adalah rasio profitabilitas yaitu NPM, ROA, ROE, ROS, dan ROCE. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan dari tahun 2011 sampai tahun 2019. Tahun 2015 ditetapkan sebagai periode pisah batas karena periode tersebut perusahaan memulai menerapkan teknologi informasi dalam bidang e-commerce. Hasil penelitian dengan NPM dan ROA terjadi peningkatan setelah menerapkan Teknologi Informasi dalam bidang e-commerce, sedangkan ROE, ROS, dan ROCE terjadi penurunan setelah menerapkan Teknologi Informasi dalam bidang e-commerce.

Kata Kunci: E-commerce, Analisis Perbandingan, Rasio Profitabilitas

References

. A. S. Eva Novianti, "Analisis Investasi Teknologi Informasi pada Grand Hyatt Hotel Jakarta : Pendekatan IE," Seminar Nasional Teknik Elektro , p. 267, 2018.

H. Chiesa Utomo Sukmono, "ANALISIS PERBANDINGAN PROFITABILITAS SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI (STUDI KASUS: PT. MITRA ADIPERKASA, TBK)," SOSIOHUMANITAS,, vol. XX, p. 87, 2018.

N. L. P. Wiagustini, Manajemen Keuangan, Denpasar: Udayana University Press, 2014.

P. D. S. Sukamulja, ANALISIS LAPORAN KEUANGAN sebagai DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI, Yogyakarta: ANDI dengan BPFE, 2019.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan 2011," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2011.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan 2012," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2012.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan 2013," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2013.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan 2014," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2014.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan 2015," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2015.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan 2016," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2016.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan 2017," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2017.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2018.

P. M. D. S. TBK, "Laporan Tahunan 2019," PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK, Jakarta, 2019.

S. M. Dr. Nufransa Wira Sakti, BUKU PINTAR PAJAK E-COMMERCE : Dari Mendaftar Sampai Membayar Pajak, Jakarta: Visimedia, 2014.

S. Hery Nuryanto, SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI dan KOMUNIKASI, Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero), 2002.

R. A. Kusuma, "Rasio Profitabilitas – Pengertian, Jenis, Rumus dan Contoh," DosenAkuntansi.com, 30 Desember 2017. [Online]. Available: https://dosenakuntansi.com/rasio-profitabilitas. [Accessed 20 Juni 2020].

Downloads

Published

2020-07-16

How to Cite

Istriawati, N. K. A., Satwika, I. P., & Estiyanti, N. M. (2020). ANALISIS PERBANDINGAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG E-COMMERCE (STUDI KASUS PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK). EKONOMI BISNIS, 26(1), 227–234. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/622