Perancangan Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerja Perguruan Tinggi dari Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan ( Studi pada Universitas Islam Syekh Yusuf )

Authors

  • Parindungan Dongoran
  • Tita Safitriawati
  • Anna Sofia Atichasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard yang dilihat dari tiga perpektif yaitu perpektif pelanggan (mahasiswa), perspektif  proses bisnis internal (dosen) dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (tenaga kependidikan) dengan periode tiga (3) tahun.. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan penyebaran kuesioner kepada respoden yang terdiri dari mahasiswa semester VIII pada tahun 2018/2019, dosen tetap dan tenaga kependidikan dari semua fakultas. Analisis yang digunakan yaitu pada perspektif pelanggan (mahasiswa) dengan analisis tren (pertumbuhan) mahasiswa baru, tingkat retensi dan tingkat kepuasan. Dari segi perspektif  proses bisnis dan pembelajaran  serta pertumbuhan dengan menganalisis tingkat kepuasan. Hasil penelitian ini adalah dilihat dari perspektif pelanggan, tingkat pertumbuhan mahasiswa dinilai cukup baik, dari tingkat retensi  dan dari tingkat kepuasan menyatakan baik. Ditinjau dari perspektif  proses bisnis internal yaitu  tingkat kepuasan menyatakan baik dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada tingkat kepuasan  menyatakan cukup baik.
Kata kunci : Kinerja, balanced scorecard, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif  pembelajaran dan pertumbuhan.

References

Anggi Putri Pertiwi ,Walesa Danto,Kusuma Ayu Laksitowening. “Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerja Perguruan Tinggi (IT TELKOM)â€

Fakultas Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom Bandung

Amy Fontanella, Wiwik Andrlani, 2009, Analisis Pengukuran Kinerja Perguruan

TinggiNege'ri di Sumatera Barat dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Perspektif Proses Bisnis Internal dan Pertumbuhan dan Pembelajaran) Jurnal Akuntansi & Manajemen Vol 4 No.1 Juni 2009 ISSN 1858-3687 hal 75-83

Djatmiko, Budi .2005. Sinyal Kebangkrutan Perguruan Tinggi. Jurnal Aptisi Wilayah IV. Bandung: Aptisi Wialayah IV.

Caraka, Eka Widhi. 2009. “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan denganMenggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT. Bhanda Ghara Reksa Kantor Pusat Jakarta)â€. Surakarta:

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Horngren, Charles T., Srikant M. Datar, Madhav V Rajan. 2012. Cost Accounting: A Managerial Emphasis 14e. Pearson Education.

Hardiyanto, Yudi., Ali, Achmad Holil Noor., dan Pambudi, Her Arsa. 2005.

“Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Pemasaran dengan Metode Balanced Scorecard Studi Kasus PT. Semen Gresikâ€. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.

Irham Fahmi. ( 2010). Manjemen Kinerja. Bandung: Alfabeta.

Ihyaul Ulum. (2012). Audit Sektor Publik suatu pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhamad Mahsun. (2013). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard. Yogyakarta: Salemba Empat.

Robert S.Kaplan, David P.Norton. 2004. Strategy Maps: Converting Intangible Assets into Tangible Outcomes. Harvard Business School Press.

Rudiantoro. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Sigit Hermwan, 2008, Penerapan Balance ScoreCard sebagai alat implementasi

strategi dalam upaya meningkatkan kinerja Universitas Muhammad Sidorjo, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi VENTURA, Thn 2008, Vol 11 No 2 Akreditasi No. 55/Dikti/Kep/2005. ISSN 1410 – 6418.

Sri Lestari (2016), pengukuran Kinerja dengan pendekatan Balanced scorecard Pada Rumah.

Sakit PKU Muhammadiyah Gombong tahun 2013-2014, Fakultas Ekonomi UNY

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta

Verawati Suryaputra. Atty Yuniawati. 2012. Perancangan Ukuran Kinerja Pelaksanaan Strategi Berdasarkan Model Balanced Scorecard pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus pada Universitas Katolik Parahyangan Bandung). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Prahayangan.

Yoyo Sudaryo. Kinerja Perguruan Tinggi dengan Pendekatan Strategic Map Balanced Scorecard (Studi pada 6 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Kota Bandung). Sosiohumaniora, Volume 17 No. 1 Maret 2015: 1 – 12

Yuwono, dkk.(2004). Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard. Gramedia: Jakarta

Downloads

Published

2020-07-16

How to Cite

Dongoran, P., Safitriawati, T., & Atichasari, A. S. (2020). Perancangan Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerja Perguruan Tinggi dari Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan ( Studi pada Universitas Islam Syekh Yusuf ). EKONOMI BISNIS, 26(1), 252–267. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/625