INVESTASI DAN PASAR MODAL, MEMAHAMI PERANAN BANK INDONESIA, BAPEPAM-LK, DAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM LINGKUNGAN PASAR MODAL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33592/jsh.v15i2.448

Abstract

Pasar Modal Indonesia tumbuh dengan sangat baik dan menawarkan tingkat pengembalian keuntungan yang besar namun juga dalam hal ini berlaku sebaliknya dengan tingkat kerugian yang besar pula, maka itu di butuhkan aturan yang jelas dan tepat baik dalam pengaturannya juga dari pengawasannya, di Indonesia pasar modal diatur melalui lembaga lembaga yang telah di tunjuk untuk melakukan itu diantaranya adalah Bank Indonesia, BAPEPAM-LK dan kini dipusatkan pada Otoritas Jasa Keuangan yang semuanya memiliki kewenangan yang berbeda sehingga sangat penting untuk mengetahui fungsinya masing-masing serta batasan kewenangan masing-masing dalam mengatur dan mengawasi Pasar Modal Indonesia.

References

Buku

Robert Gilpin dan Jean M. Gilpin. 2001. Global Political Economy Understanding the International Economic Order. New Jersey: Prineeton University Press.

Sahrasad, Herdi. 2009. Centurygate: Refleksi Ekonomi-Politik Skandal Bank Century. Jakarta: Freedom Foundation, Yayasan Indonesia Baru dan Lingkar Studi Islam dan Kebudayaan.

Internet

Tony Rodyanto, Pengawasan Terintegrasi Lembaga Jasa Keuangan (Suatu Tinjauan Umum) (On-line) dapat diunduh di: http://tonyrodyanto.wordpress.com/2014/09/08/pengawasan-terintegrasi-lembaga-jasa-keuangan-suatu-tinjauan-umum/.

------“Mengawasi Konglomerasi Industri Keuangan†(On-line) dapat diunduh di: http://www.businessnews.co.id/ekonomi-bisnis/mengawasi-konglomerasi-industrikeuangan.php.

------“Awasi Konglomerasi Perbankanâ€, dapat diunduh di: http://sinarharapan.co/news/read/140421086/Awasi-Konglomerasi-Perbankan-span-span-.

-------Regulasi Otoritas Jasa Keuangan (On-line) dapat diunduh di: http://ojk.go.id/peraturan-otoritas-jasa-keuangan-tentang-penerapan-tata-kelola-terintegrasi-bagi-konglomerasi-keuangan.

------“Juni 2015 OJK Mulai Mengawasi Konglomerasi Bank-Bank Besar†(On-line) dapat diunduh di: http://brita.indo.com/2014/09/juni-2015-ojk-mulai-awasi-konglomerasi-bank-bank-besar-merdeka-com/.

Peraturan Peundang-undangan

Undang-Undang Nomor 10 Tahu 1998 tentang Perbankan

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 17/POJK.03/2014 tentang Penerap-an Manajemen Risiko Terintegrasi bagi Konglomerasi Keuangan.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 18/POJK.03/2014 tentang Penerapan Tata Kelola Terintegrasi bagi Konglomerasi Keuangan

Downloads

Published

2019-07-05