Author Guidelines

Sebelum mengirimkan manuskrip secara online, siapkan manuskrip Anda dan ikuti instruksi-instruksi di bawah ini. Pada dasarnya, jurnal UNISTEK mengikuti pedoman yang terlampir di sini.

Persiapan Perangkat

Buat manuskrip dengan menggunakan Ms.Word dan simpan filenya dalam bentuk .doc atau .docx. Gunakan template UNISTEK dalam membuat manuskrip.

 

Struktur Artikel

  • Pendahuluan : menjelaskan latar belakang secara umum, kajian literatur terdahulu (state of the art), pernyataan kebaruan ilmiah, permasalahan penelitian, dan tujuan kajian artikel tersebut.
  • Bahan dan Metode : berisi bahan-bahan utama yang digunakan dalam penelitian dan metode yang digunakan dalam pemecahan permasalahan termasuk metode analisis.
  • Hasil dan Pembahasan : berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah yang didukung dengan perbandingan antara teori dan hasil penelitian. Pada bagian ini dijelaskan tentang tabel dan gambar yang ditampilkan serta referensi yang digunakan.
  • Kesimpulan : Menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh.

Abstrak

Singkat: berisi tujuan, metode, hasil, pembahasan, dan dampak.

 

Kata kunci

Maksimal 6 kata kunci

 

Nomenklatur dan satuan

Gunakan sistem Satuan Internasional (SI).

 

Rumus Matematika

Buat persamaan matematika sebagai teks yang dapat diedit dan bukan sebagai gambar. Tambahkan nomor untuk rumus matematika

 

Tabel

Buat tabel sebagai teks yang dapat diedit dan bukan sebagai gambar.

 

Referensi

Gunakan refference manager seperti Mendeley dan pilih APA style untuk kutipan dan referensi dalam teks. Minimal berisi 20 referensi dengan maksimal 5 tahun terakhir untuk referensi dari jurnal.

Contoh:

Vama, L., & Cherekar, M. N. (2020). Production, Extraction and Uses Of Eco-Enzyme using Citrus Fruit Waste: Wealth from Waste. Asian Jr. of Microbiol. Biotech. Env. Sc., 22(2), 346–351.