Pengaruh Daya Beli Masyarakat dan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan Pada Bisnis Property
DOI:
https://doi.org/10.33592/unistek.v5i1.277Abstract
Bisnis properti di Indonesia telah berkembang semakin pesat, baik di Jakarta, Bandung,
Surabaya dan beberapa kota besar lainnya, tetapi saat ini banyaknya property yang sedang
menghadapi masalah resiko pasar (market risk) dan resiko likuiditas (liquidity risk). Tujuan
penelitian ini adalah : untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif antara daya beli masyarakat
dalam meningkatkan hasil penjualan pada bisnis property, untuk mengetahui adanya pengaruh yang
positif antara strategi pemasaran dalam meningkatkan hasil penjualan pada bisnis property. Dari
hasil analisis pada tabel uji ANOVA atau nilai Ftest di dapati nilai Fhitung sebesar 26,653. Sedang Ftabel
(∠0.05) untu N=30 adalah sebesar 0,29. Jadi Fhitung > Ftabel (∠0.05) atau 26,653 > 0,29, maka dapat
dikatakan bahwa daya beli (X1) dan strategi pemasaran (X2) secara bersama-sama memang
berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil penjualan (Y), nilai R (Index Determinasi) sebesar
0,815. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 81,5% pelayanan (X1) dan komunikasi (X2) secara simultan
(bersama-sama) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sedangkan sisanya sebesar 18,5%
berhubungan dengan factor lainnya yang tidak teramati oleh penulis
References
Anwar Prabu Mangkunegara, A.A. (2000).
Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan (p. 56). Bandung : Remaja
Rosdakarya
Anwar Prabu Mangkunegara, A.A. (2001).
Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan (p. 23). Bandung: Remaja
Rosdakarya
Bennet, P.D. (1988). Dictionary of Marketing Terms
(p. 72-78) New York : The American
marketing association.
Champy, J. (1995). Reengineering Management, The
Mandate For New Leadership (p.102-103).
New York: Harper Business
D’Aveni, Richard, A. (1994), Hypercompetition,
Managing of Dynamic of Strategy
Maneuvering (p.65). New York : The Free
Press
Daharmesta, B.S. & dan Handoko, T.H. (1987),
Manajemen Pemasaran; Analisis Perilaku
Konsumen (p.45). Yogyakarta : Penerbit
Liberty
Dolan R.J. (1991). Strategic Marketing Management
(p. 86). Boston : Harvard Business School
Publications.
Engel JF, et al. (1990). Consumer Behavior, 6th ed
(p.5). Chicago : Chicago the Dryden Press
Kotler, P. (1996). Manajemen Pemasaran Analisis
Perencanaan Implementasi dan Pengendalian
(p.54). Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas
Indonesia
Naisbitt, John, & Aburdene, P. (1985). Reinventing
The Corporation (p.76). New York : Warner
Books.
Pawitra, T. (1993). Pemasaran : Dimensi Falsafah,
Displin dan Keahlian (p.63). Jakarta : Sekolah
Tinggi Manajemen Prasetya Mulya