Pengujian Kayu Balsa Untuk Struktur Jembatan

  • Muhammad Ryan Setiadi Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Dine Agustine Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Hafiz Abdillah Universitas Islam Syekh Yusuf

Abstract

Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang sudah lama dikenal oleh masyarakat dan merupakan bahan yang sangat sering digunakan termasuk sebagai bahan konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai struktur dan non struktur bangunan. Jembatan adalah suatu struktur konstruksi untuk suatu rute transportasi melalui sungai, danau, kali, jalan raya, jalur kereta Api dan lain-lain. Fungsi suatu jembatan untuk menghubungkan suatu jalan yang terputus oleh sungai atau jurang. Maksud penelitian ini adalah mencari inovasi baru di mana material bahan kayu dengan jenis kayu yang kualitas ringan dapat atau tidak dapat digunakan untuk struktur atas jembatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendesain struktur jembatan kayu menggunakan kayu Balsa dengan meninjau beban mati dan beban terpusat berdasarkan kekuatan dan sifat mekanik kayu tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan membahas perencanaan, pembebanan, dan perhitungan hasil uji sifat mekanis dari bahan material kayu sebagai bahan material uji dengan langkah pengujian kayu, kuat lendut dan lentur, tes tekan, dan kuat tarik. Hasil uji dibandingkan dengan beban yang diterima oleh jembatan karena beban yang diterima jika hasil dari uji beban lebih besar dari beban yang diterima untuk jembatan maka kayu balsa bisa menahan beban yang diterima oleh jembatan karena jembatan ini menggunakan bahan kayu balsa sebagai bahan material jembatan.

Kata kunci: Struktur jembatan kayu, spesifikasi kayu balsa, uji sifat mekanis kayu di laboratorium, spesifikasi jembatan.

Published
2021-06-10
How to Cite
Setiadi, M., Agustine, D., & Abdillah, H. (2021). Pengujian Kayu Balsa Untuk Struktur Jembatan. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 2(1), 14 - 21. Retrieved from http://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1319

Most read articles by the same author(s)