PERUBAHAN EVALUASI KINERJA TERHADAP PERSEPSI BERDISIPLIN DIRI KARYAWAN PERUSANAAN PENERBANGAN (Changes Performance Evaluation Againts Perseption of Self Disciplined Employee at Flight Industry)

Authors

  • Agus Iwan Mulyanto Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang

Keywords:

pengaruh perubahan, evaluasi kinerja, persepsi berdisiplin.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem evaluasi kinerja terhadap disiplin karyawan di lingkungan dinas perusahaan penerbangan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif analisis. Data yang diperoleh selanjutnya diuji dengan goodness of fit dan uji statistik chi square. Teknik pengumpulan data yang diperoleh adalah observasi yaitu pengamatan langsung pada objek penelitian dan angket. Berdasarkan analisis data yang dilakukan persepsi keseluruhan karyawan pada umumnya bahwa H­0 ditolak (P<0,05) atas adanya perubahan penilaian kinerja yang telah dilakukan terbukti dengan nilai rata-rata persepsi keseluruhan 3,09 yang dapat mewakili pernyataan setuju. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan evaluasi kinerja membuat persepsi berdisiplin diri pegawai yang positif dan perubahan penilaian membuat kerjasama karyawan serta kemampuan penguasaan pengetahuan lebih baik.

References

Black, James Munzies. (1991). Manajemen dan Supevisor. Pustaka Binaman Presindo, Jakarta p.210-212.

Davis, Keith. (1985). Human Behavior at Work: Organizational Behavior. Mc Graw-Hill Publishing Company, New York p.484.

Flippo, Edwin B. (1971). Principles of Personal Management. Mc Graw-Hill Book Company Inc., New York. p.9.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakaryam Bandung p.67.

Soekarno. (1986). Dasar-Dasar Manajemen. Miswar, Jakarta, p.340.

Suradinata, Ermaya. (1997). Pimpinan dan Kepemimpinan Pemerintahan: Pendekatan Budaya, Moral, dan Etika. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. p.50.

Downloads

Published

2019-06-21

How to Cite

Mulyanto, A. I. (2019). PERUBAHAN EVALUASI KINERJA TERHADAP PERSEPSI BERDISIPLIN DIRI KARYAWAN PERUSANAAN PENERBANGAN (Changes Performance Evaluation Againts Perseption of Self Disciplined Employee at Flight Industry). Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 19(2), 154–160. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/118