UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN KOLASE KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI TK BAKTI PERTIWI KECAMATAN PENAWARTAMA KABUPATEN TULANG BAWANG

  • PRADWITA - ANGGRAINI IAIN Metro Lampung
Keywords: Indonesia

Abstract

Perkembangan motorik halus halus adalah kemampuan  yang terdapat pada setiap anak yang memerlukan dasar-dasar keterampilan melalui latihan, keterampilan motorik halus anak merupakan gerakan koordinasi antara mata dengan tangan sehingga memepengaruhi gerak otot kecil seperti jari tangan, lengan dan pergelangan tangan. Media kolase adalah suatu usaha yang dilakukan untuk mengembangkan motorik halus anak di TK Bakti Pertiwi Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kolase dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak  dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan media kolase dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di TK Bakti Pertiwi Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan verification. Dan untuk menguji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

            Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kolase dalam mengembangkan motorik halus pada anak di TK Bakti Pertiwi Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang menunjukkan hasil yang baik. Hasil pencapaian guru dalam mengembangkan motorik halus pada anak di TK Bakti Pertiwi Kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang  adalah kemampuan dalam menempelkan benda disuatu gambar dan mengkoordinasi gerakan mata dan tangan, lengan,dan tubuh secara bersamaan. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah guru sebagai pendidik yang kreatif dalam menyampaikan pembelajaran, media yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan kriteria, anak yang aktif dan memahami pembelajaran berkolase. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran kolase yaitu sebagian anak yang malas dalam belajaran kolase, gerak fisik anak, dan kurangnya rangsangan.

Kata Kunci: Perkembangan Motorik Halus,Media Kolase

 

Published
2021-06-20
How to Cite
ANGGRAINI, P. (2021). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN KOLASE KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI TK BAKTI PERTIWI KECAMATAN PENAWARTAMA KABUPATEN TULANG BAWANG. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 57 - 67. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/pelita.v21i1.1312
Section
Articles