PENGARUH PERAN ORANGTUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN KESEHATAN GIZI ANAK TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TAMAN KOTA PERMAI 2 KOTA TANGERANG (STUDI KASUS RW 12)

  • H. Bambang Mardisentosa

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari perkembangan teknologi informasi sehingga dalam perkembangan ini telah mengubah pola pikir masyarakat dalam mencari informasi. Dalam hal ini salah satu bidang yang terkena dampaknya cukup tinggi adalah pendidikan, yang dimana sistem belajar mengajar yang dilakukan menggunakan pembelajaran e-learning. Peran orang tua bertanggung jawab sebagai motivator dalam proses pembelajaran anak. Selain itu, kecukupan gizi dan pangan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peran orangtua, motivasi belajar, dan kesehatan gizi anak terhadap efektifitas pembelajaran e-learning di Taman Kota Permai 2 RW 12 Periuk Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Cara pengumpulan data yaitu dengan membagikan kuesioner kepada orang tua melalui Google Form. Hasil penelitian Uji T (Parsial) didapatkan variabel pengaruh peran orang tua (X1), motivasi belajar (X2) dan kesehatan gizi anak (X3) dengan nilai 0.005, 0.407 dan 0.505 yang mana variabel X1 nilai tersebut lebih besar dari sehingga berpengaruh terhadap variabel Y.Untuk variabel X2 dan X3 tidak berpengaruh. Sedangkan berdasarkan hasil uji F (Simultan) yang telah dilakukan didapatkan nilai 0.013 yang mana lebih besar dari dan dapat disimpulkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan secara simultan.

Published
2021-12-09
How to Cite
Mardisentosa, H. B. (2021). PENGARUH PERAN ORANGTUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN KESEHATAN GIZI ANAK TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING DI TAMAN KOTA PERMAI 2 KOTA TANGERANG (STUDI KASUS RW 12). Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(2), 183 - 191. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/pelita.v21i2.2051