PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TELUK NAGA KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Nirna Nirmala Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Herry Nuraini Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang
  • Marrieta Moddies Swara Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Keywords:

nilai disiplin, nilai religius, pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan karakter telah dilaksanakan di lingkungan sekolah, mulai dari tingkat sekolah usia dini sampai tingkat lanjutan atas, dimana pendidikan karakter ini dimasukkan dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Penelitian ini memfokuskan pada dua nilai pendidikan karakter yaitu; religius dan disiplin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penerapan dua nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran dan budaya sekolah di sekolah dasar di Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 SDN di Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang, yaitu satu SDN di setiap desa yang meliputi SDN di Desa Kampung Melaya Barat, Muara, Teluk Naga, Pangkalan, dan Kampung Besar. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, kelima SDN di Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang telah menerapkan nilai religius dan disiplin dalam kegiatan pembelajaran dan budaya sekolah dengan baik. Penerapan nilai ini dapat dilaksanakan pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM). Kemudian, pelaksanaan nilai religius dan disiplin dapat dilaksanakan melalui budaya sekolah, yaitu dengan memfasilitasi siswa melakukan kegiatan rutin, memberikan keteladanan, dan pengkondisian.

 

Character building has been carried out in the school environment, from early childhood to higher education. This study focuses on two character education values namely religious and discipline. This study used a descriptive qualitative approach, and the purpose of this study was to identify the application of two values of character education in the subjects and school culture in elementary school in Teluk Naga District, Tangerang Regency. The number of samples in this research are five public elementary schools (SDN) in Teluk Naga District of Tangerang Regency, it includes one school of each village; SDN in Kampung Melaya Barat, Muara, Teluk Naga, Pangkalan, and Kampung Besar. Based on the research that has been conducted, the five schools have well applied religious and discipline values in learning activities and school culture. The implementation of these values can be carried out in opening, core, and closing activities during teaching and learning activities. Moreover, the implementation of religious and discipline values can also be implemented through the school culture, that is by facilitating students to do routine activities, becoming paragons of virtue, and conditioning.

Author Biography

Nirna Nirmala, Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan

References

Ahmadi, A. & Uhbiyati, N. (2003). Ilmu pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Doni, K. (2007). Pendidikan karakter. Jakarta: Gramedia Grasindo.

Kertajaya. (2010) Pendidikan karakter. Jakarta: Gramedia.

Murniyetti, Engkizar, dan Fuady Anwar. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. https://www.neliti.com/id/publications/123035/pola-pelaksanaan-pendidikan-karakter-terhadap-siswa-sekolah-dasar (Diakses pada 12 Desember 2017, pukul 19.00)

Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional.

Ridwan, Muhamad. (2012). Menyemai benih karakter anak. Dari http://www.adzzikro.com

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suyanto. (2009). Urgensi pendidikan karakter. Direkjenmanpendasmen.

Tanshzil, Sri Wahyuni. (2012). Model pembinaan pendidikan karakter pada lingkungan pondok pesantren dalam membangun kemandirian dan disiplin santri. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 12 No. 2, Oktober 2012. http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view (Diakses pada 2 Mei 2017, pukul 10.00)

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulnuraini. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep, implementasi, dan pengembangannya di Sekolah Dasar di Kota Palu. Jurnal DIKDAS No. 1 Vol. 1, September 2012. http://pgsduntad.com/wpcontent/uploads/2014/04/ Abstrak-4.pdf (Diakses pada tanggal 2 Mei 2017, pukul 10.00)

Downloads

Published

2018-06-15

How to Cite

Nirmala, N., Nuraini, H., & Swara, M. M. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TELUK NAGA KABUPATEN TANGERANG. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 18(1), 55–73. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/30