The Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Online di Universitas Palangka Raya

oleh Nadya Grestyana, S.Sos, M.Si Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Palangka Raya email: nadyagrestyana@gmail.com

Authors

  • Nadya Aghe Grestyana member

DOI:

https://doi.org/10.33592/ap.v3i2.3808

Abstract

Abstrak

Terbatasnya pemahaman beberapa dosen terkait penggunaan teknologi sebagai media     pembelajaran yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu usia, kurangnya kompetensi diri dan faktor sarana dan prasarana. Saat ini, media sosial menjadi salah satu media pembelajaran di dunia pendidikan untuk meningkatkan daya tarik mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Sejak mengalami masa pandemi Covid-19, instansi Perguruan Tinggi harus dituntut untuk dapat mengoperasikan literasi digital dalam bahan pembelajaran dengan mahasiswa. Aplikasi media onlline yang digunakan adalah aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet  sebagai media online pembelajaran tatap muka. Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP UPR perlu menambah pola pembelajaran yang kreatif dan kompeten untuk menciptakan pembelajaran yang menarik. Tenaga pendidik dalam masa sekarang ini dituntut dapat mengakses media sosial sebagai bahan pembelajaran yang dapat membuat anak didiknya merasa nyaman, tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Sebagai jurusan yang memegang akreditasi A, jurusan perlu eksistensi, publikasi dan branding yang baik dalam dunia teknologi informasi sehingga tidak kalah saing dengan perguruan tinggi yang lain. Untuk itu,  pendampingan pembuatan media pembelajaran online di Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Palangka Raya dinilai dapat menjadi solusi dari isu suatu permasalahan mengenai masih monotonnya media pembelajaran di Jurusan ini oleh peneliti yang sekaligus dosen di Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Universitas Palangka Raya. Kegiatan pendampingan ini diikuti oleh lima dosen senior dengan menggunakan metode demonstrasi dan praktek langsung di lapangan (learning by doing). Adapun hasil dari pendampingan kegiatan ini adalah para dosen dapat menerapkan video yang dibuat melalui aplikasi internet lalu dibagikan kepada mahasiswa secara online. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua minggu ini (22 Agustus 2022-2 September 2022)  bermanfaat tidak hanya bagi dosen tetapi bagi mahasiswa pula. Para dosen yang mengikuti kegiatan ini telah mampu menerapkan media pembelajaran video dalam kelas jarak jauh. Meski demikian, terdapat hambatan yang harus dihadapi yaitu keterbatasan dosen dan waktu yang singkat dalam pendampingan. Media pembelajaran online dari hasil pendampingan ini dinilai dapat menciptakan proses belajar mengajar yang lebih interaktif, kreatif, aktif dan inovatif oleh para dosen yang telah mengikuti pendampingan ini sehingga kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat dilakukan secara berkala.

 

Kata kunci : pendampingan, media pembelajaran online, video

Downloads

Published

2023-12-03