Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Dalam Memperkuat Karakter Berkebhinekaan Global Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33592/ap.v4i1.4130Keywords:
Berkebhinekaan Global, Karakter, Project Based Learning, Profil Pelajar Pancasila, SIKL.Abstract
Riset ini berupaya untuk menganalisis realisasi Profil Pelajar Pancasila pada sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dalam memperkuat karakter berkebhinekaan global peserta didik sekolah dasar, untuk menelaah kelebihan dan kekurangan, untuk dievaluasi, agar menjadi percontohan holistik dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila, khususnya karakter Berkebhinekaan Global. Penelitian ini dirampungkan berbasiskan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, analisis data, yaitu, reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian, yaitu, eksistensi Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), memiliki manfaat positif untuk menjadi percontohan dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila, khususnya karakter Berkebhinekaan Global, karena representatif, termasuk peserta didiknya bersifat multikultur, praktik pembelajarannya tidak hanya teoretis, tetapi juga praktis, dengan prinsip student centered learning, project based learning, dan berbasis keteladanan pendidik. Kesimpulan riser yaitu, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), telah memandang penting tentang realisasi Kurikulum Merdeka 2022, yang mengakomodir Profil Pelajar Pancasila, khususnya karakter Berkebhinekaan Glonal, dengan terintegasi pada setiap mata pelajaran, baik secara tersurat, maupun terserat, dengan model project based learning dan dukungan kebijakan pengelola sekolah, kedua, hambatan, terdapat pada upaya mewujudkan program yang berkelanjutan, mengingat program tersebut bersifat baru, maka perlu adaptasi dan evaluasi yang diperbaiki juga diperbaharui setiap tahunnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.