Penerapan Metode Hafalan Juz ‘Amma Dengan Gerakan Tangan Pada Anak Kelas 1 di MDTA Nahjussalam Cihanjawar
Keywords:
Hafalan Juz ‘Amma, surah an nass, Gerakan Tangan, MDTA Nahjussalam CihanjawarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode hafalan Juz ‘Amma dengan gerakan tangan di MDTA Nahjussalam Cihanjawar. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi yang terkait dengan penelitian. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala MDTA, Mahasiswa KPM siswa dan wali murid. Sedangkan obyek dalam penelitian ini yaitu penerapan hafalan juz ‘amma surah An nass beserta arti dengan gerakan tangan pada anak usia sekolah. Teknik pengumpulan data melibatkan pembicaraan dengan orang-orang, mengamati apa yang mereka lakukan, dan menuliskan informasi. Di sisi lain, menganalisis data berarti mengorganisasikannya, menunjukkannya dengan jelas, dan memeriksa kebenarannya. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana gerakan tangan membantu anakanak menghafal dan memahami Al-Quran dengan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gerakan tangan memudahkan anak-anak mempelajari dan memahami Al-Quran, serta meningkatkan keterampilan motorik dan membantu mereka mengembangkan kecintaan terhadap Al-Quran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.