PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTA SOLOK
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa hanya sekedar mengambil absen saat proses pembelajaran berlangsung, tugas- tugas yang diberikan guru tidak dikerjakan oleh siswa, pada saat pembelajaran sebelumnya guru sudah mengingatkan siswa bahwa akan ada ulangan harian pada pertemuan berikutnya, akan tetapi siswa tidak mempersiapkan diri pada saat ulangan harian, sehingga nilai yang diperoleh rendah. Ini memperlihatkan siswa kurang serius dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Solok. Jenis penelitian adalah penelitian deskrtiptif kuantitaf. Teknik analisis adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembelajaran jarak jauh mempunyai sebesar 6,071, sedangkan nilai sebesar 1.664 hal ini berarti >, maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka keputusannya hipotesis yang digunakan diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Solok dengan taraf α=0.1, sedangkan motivasi belajar 8,9%. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti minat belajar, displin belajar yang tidak penulis kaji dalam penelitian ini.