ANALISIS JUAL BELI DIGITAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PRODUK KUOTA CHELSEA PROVIDER INDOSAT OOREDOO HUTCHISON)

Authors

  • Dicky Firdaus Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Tatang Sujata Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Imam Dwi Putranto Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kegiatan jual beli produk kuota Chelsea dari provider Indosat Ooredoo Hutchison Indonesia, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan ekonomi islam terhadap jual beli kuota Chelsea ini. Kuota Chelsea adalah jenis paket kuota internet hasil Kerjasama antara Indosat Ooredoo Hutchison dengan Chelsea FC yang memberikan ekstra kuota pada jenis produk kuota tertentu saat Chelsea memenangkan pertandingan liga Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data  pada penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk kuota Chelsea tidak sah untuk diperjualbelikan karena tidak memenuhi rukun dan syarat yang ditetapkan dalam hukum islam. Hal yang tidak terpenuhi dari jual beli ini adalah produk kuota Chelsea yang teridentifikasi memiliki sifat gharar yang bertentangan dengan syarat jual beli. 

Published

2023-10-31

How to Cite

Firdaus , D., Sujata, T. ., & Putranto, I. D. . (2023). ANALISIS JUAL BELI DIGITAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PRODUK KUOTA CHELSEA PROVIDER INDOSAT OOREDOO HUTCHISON). Journal of Business Education and Social, 4(2), 1–11. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/4457