ANALISIS PENGARUH INTERAKSI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TIM MARKETING DAN OPERASI DALAM MENINGKATKAN RESPONSIVITAS PASAR DI PT. MEGA JAYA BERKAT

Authors

  • Saidiah Saidiah Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Aniek Widiarti Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Jesica Mahendra Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Nadia Rahma Izaki Universitas Islam Syekh Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/jbes.v6i1.6600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami tentang pengaruh interaksi pengambilan keputusan antara tim marketing dan operasi produksi dalam meningkatkan responsivitas pasar pada PT. Mega Jaya Berkat. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa perusahaan sangat memperhatikan minimalisasi risiko dalam pengambilan keputusan pemasaran. Faktor pasar yang dinamis dan sulit diprediksi menjadi tantangan utama. Perusahaan melibatkan tim pemasaran dan operasi produksi dalam pengambilan keputusan dan menerima semua masukan yang diberikan dari tim manapun, namun keputusan akhir tetap berada pada visi dan misi perusahaan. Selain itu media sosial dianggap sebagai saluran atau platform promosi yang paling efektif. Temuan ini menunnjukkan pentingnya kolaborasi lintas fungsi dan pemanfaatan data pasar dalam menghadapi persaingan bisnis yang ketat.

 

Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Marketing, Operasi Produksi, Persaingan

Published

2025-03-31

How to Cite

Saidiah, S., Widiarti, A., Mahendra, J., & Rahma Izaki, N. (2025). ANALISIS PENGARUH INTERAKSI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TIM MARKETING DAN OPERASI DALAM MENINGKATKAN RESPONSIVITAS PASAR DI PT. MEGA JAYA BERKAT. Journal of Business Education and Social, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.33592/jbes.v6i1.6600

Most read articles by the same author(s)