PENINGKATAN HARGA SAHAM MELALUI UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS
Keywords:
Harga Saham, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, ROE, EPSAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengkaji peningkatan harga saham melalui ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI periode 2015-2019 dengan melibatkan 13 perusahaan dan total observasi sebanyak 60 perusahaan. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan ukuran perusahaan, earnings per share berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, ini artinya ukuran perusahaan, earnings per share mampu menaikkan harga saham. Return on Equity berpengaruh negatif terhadap harga saham, ini berarti return on equity juga dapat meningkatkan harga saham. Pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap harga saham, ini berarti pertumbuhan penjualan tidak mampu menaikkan harga saham