PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENETAPAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA J&T EXPRESS KARAWACI KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.35592/jeb.v27i2.2131Keywords:
kualitas pelayanan, penetapan harga, promosi, kepuasan konsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, penetapan harga, dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada J&T Express Karawaci Kota Tangerang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada 96 konsumen J&T Express Karawaci Kota Tangerang. Analisis data ini menggunakan bantuan SPSS versi 25. Teknik sampling menggunakan sampling incidental, yaitu bagian dari teknik nonprobability sampling dengan rumus Lameshow dan teknik pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi berganda, uji regresi berganda dan uji determinasi. Hasil analisa secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,066<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh penetapan harga terhadap kepuasan konsumen menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,050<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,005<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Secara simultan pengaruh kualitas pelayanan, penetapan harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.