PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENETAPAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA J&T EXPRESS KARAWACI KOTA TANGERANG

Authors

  • Bella Agustina Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang
  • Asep Ferry Bastian Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang
  • Imas Sukaesih Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.35592/jeb.v27i2.2131

Keywords:

kualitas pelayanan, penetapan harga, promosi, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, penetapan harga, dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada J&T Express Karawaci Kota Tangerang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner pada 96 konsumen J&T Express Karawaci Kota Tangerang. Analisis data ini menggunakan bantuan SPSS versi 25. Teknik sampling menggunakan sampling incidental, yaitu bagian dari teknik nonprobability sampling dengan rumus Lameshow dan teknik pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi berganda, uji regresi berganda dan uji determinasi. Hasil analisa secara parsial pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,066<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh penetapan harga terhadap kepuasan konsumen menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,050<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,005<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Secara simultan pengaruh kualitas pelayanan, penetapan harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

References

<ol><li>Affifudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. CV. Alfabeta.</li><li>Adizka, F. (2020). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Customer Loyalty Pengguna Aplikasi Mobile Payment, DANA. </li><li>Andari, c. L. S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung studi pengunjung the sila’s agrotourism</li><li>Arief Adi Satria. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36, (1), 45-53</li><li>Arif Siaha Widodo. (2020). Pengaruh promosi dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian produk cendo, (2), 62-67.</li><li>Apriyadi, d. (2017). Analisis pengaruh ketepatan waktu , fasilitas kereta api di stasiun purwosari, (99), 71–83</li><li>Aprillia Nia Fardiani. (2012). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dyriana bakery & café pandanaran semarang.</li><li>Azmiani Batubara. (2019). Pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap tingkat penjualan tiket pada PSA mihin lanka airlines. (1).</li><li>Budianto, a. (2014). Pengaruh ketepatan waktu, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan masyarakat pengguna kereta api masal cepat.</li><li>Buchari Alma. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Edisi Revi). CV. Alfabeta,.</li><li>Danang Sunyoto. (2013). Perilaku Konsumen. CAPS ( Center of Academy Publishing Service).</li><li>Dede Solihin. (2020). Pengaruh Affifudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. CV. Alfabeta.</li><li>Adizka, F. (2020). Pengaruh Sales Promotion Terhadap Customer Loyalty Pengguna Aplikasi Mobile Payment, DANA. </li><li>Andari, c. L. S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung studi pengunjung the sila’s agrotourism</li><li>Arief Adi Satria. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36, (1), 45-53</li><li>Arif Siaha Widodo. (2020). Pengaruh promosi dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian produk cendo, (2), 62-67.</li><li>Apriyadi, d. (2017). Analisis pengaruh ketepatan waktu , fasilitas kereta api di stasiun purwosari, (99), 71–83</li><li>Aprillia Nia Fardiani. (2012). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dyriana bakery & café pandanaran semarang.</li><li>Azmiani Batubara. (2019). Pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap tingkat penjualan tiket pada PSA mihin lanka airlines. (1).</li><li>Budianto, a. (2014). Pengaruh ketepatan waktu, kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan masyarakat pengguna kereta api masal cepat.</li><li>Buchari Alma. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Edisi Revi). CV. Alfabeta,.</li><li>Danang Sunyoto. (2013). Perilaku Konsumen. CAPS ( Center of Academy Publishing Service).</li><li>Dede Solihin. (2020). Pengaruh kepercayaan pelanggan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada online shop mikaylaku dengan minat beli sebagai variabel intervening, (1), 38-51</li><li>Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran (Ke-4). CV Andi Offset.</li><li>Fandy Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfaction (Ke-4). CV Andi Offset.</li><li>Feiby Tombokan. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan citra merek terhadap kepuasan konsumen pengguna taplus BNI kantor cabang utama Manado, (3).</li><li>Herry Sussanto. (2011). Pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap loyalitas konsumen, (1).</li><li>Kotler Philip & Kevin Lane Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 1. Jakarta:Erlangga</li><li>Kotler Philip & Gary Amstrong. (2015). Principles of Marketing. 15e Global Edition.</li><li>Kotler Philip & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15e Global Edition.</li><li>Mutaqin, a. (2006). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal ilmu & riset manajemen, 3(12).</li><li>Ofela, H. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab king abi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–15.</li><li>Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.</li><li>Raharjo, a. S. (2009). Pengaruh fasilitas, pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa internet di kecamatan gajahmungkur semarang</li><li>Rendy Gulla. (2015). Analisis harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada hotel Manado grace inn, (1).</li><li>Hastri, & Ambika. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Motor Paramitha Graha Denpasar. EMBA, 2(2).</li><li>Sugiyono. (2011). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.</li><li>Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.</li><li>Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Edisi Pertama. Yogyakarta:CV. Andi Offise.</li><li>Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima.Y Yogyakarta.CV.AndiOffise</li><li>Zakaria, D. G. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Ilmu Dan Riset Manajemen, ISSN: 2461- 0593,6(4),118.</li></ol>

Downloads

Published

2021-12-11

How to Cite

Agustina, B., Ferry Bastian, A., & Sukaesih, I. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENETAPAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA J&amp;T EXPRESS KARAWACI KOTA TANGERANG. EKONOMI BISNIS, 27(2), 796–806. https://doi.org/10.35592/jeb.v27i2.2131