PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK SERTA HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. FIRST MEDIA KARAWACI TANGERANG

Authors

  • Wanda Yulia Utami Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Rifka Nadhifah Universitas Islam Syekh-Yusuf, Tangerang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel (X1) yaitu kualitas pelayanan terhadap variabel (Y) yaitu kepuasan pelanggan, pengaruh variabel (X2) yaitu produk terhadap variabel (Y) yaitu kepuasan pelanggan, dan pengaruh variabel (X3) terhadap variabel (Y) kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT First Media Karawaci Tangerang. Pengambilan sampel dengan jumlah 84 orang responden dilakukan dengan teknik incidental sampling. Sedangkan analisis dilakukan dat dengan, uji hipotesis, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan perhitungan secara parsial yaitu pengaruh Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Pada PT First Media Karawaci Tangerang Dibuktikan dengan hasil uji t yang mempunyai nilai thitung 15,530 maka diperoleh  ttabel = yaitu 1,990. Dikarenakan thitung>ttabel yaitu 15,530>1,990 maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Produk (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada Pada PT First Media Karawaci Tangerang Dibuktikan dengan hasil uji t yang mempunyai nilai thitung 8,810 maka diperoleh  ttabel = yaitu 1,990. Dikarenakan thitung>ttabel yaitu 8,810>1,990 maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Harga (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. First Media Karawaci Tangerang dibuktikan dengan hasil uji t yang mempunyai nilai thitung 4,369 maka diperoleh ttabel=1,990. Dikarenakan thitung>ttabel yaitu 4,369>1,990 maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Harga dengan Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai Fhitung =117,390, maka diperoleh Ftabel =2,72. Dengan demikian hasil perbandingannya adalah (117,390>2,72). Maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.

References

<ol><li>Andrianti, Ciko (2016), “ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BATA”, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.</li><li>Ardhana, Oldy (2010), “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Bengkel Caesar Semarang)” Universitas Diponegoro, Semarang.</li><li>Assauri, Sofjan (2014), “Manajemen Pemasaran (Dasar Konsep dan Strategi)”, Cetakan Ke 13, Interpratama Offset, Depok.</li><li>Christoper, Lovelock, et al (2014) “Pemasaran Jasa”, Jilid 2 Edisi 7, Erlangga, Jakarta.</li><li>Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane (2009), “Manajemen Pemasaran” Edisi 13 Jilid 1, Erlangga, Jakarta.</li><li>Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane (210), “Manajemen Pemasaran” Edisi 13 Jilid 2, Erlangga, Jakarta</li><li>Hamdani (2009), “Manajemen Pemasaran Jasa” Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta.</li><li>Harahap, Dian Permatasari (2016) “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT TIMUR MAS ABADI (RAINBOW GROUP) DI TANGERANG” Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang.</li><li>Lupiyoadi (2013), “Manajemen Pemasaran Jasa” Edisi 13, Salemba Empat, Jakarta.</li><li>Sugiyono (2011), “Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D”, ALfabeta, Bandung.</li><li>Sunyoto, Danang (2014), “Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran”, Buku Seru, Jakarta.</li><li>Sutrisna, Bayu (2016), “PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STARBUCKS”, STIESIA, Surabaya.</li><li>Tjiptono, Fandi (2011), “Pemasaran Jasa”, Bayumedia, Malang.</li><li>Tjiptono, Fandy (2014) “Pemasaran Jasa”, Alfa Beta, Bandung.</li><li>Tjiptono, Fandi & Diana, Anastasia (2005), “Pelanggan Puas? Tak Cukup!”. Andi, Yogyakarta.</li></ol>

Downloads

Published

2021-12-11

How to Cite

Utami, W. Y., & Nadhifah, R. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK SERTA HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. FIRST MEDIA KARAWACI TANGERANG. EKONOMI BISNIS, 27(2), 763–774. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/2256