PENGARUH PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL DAN BUDAYA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang)
Keywords:
Tingkat Pemahaman Akuntansi, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, BudayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah perilaku belajar, kecerdasan emosional dan budaya berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Perilaku belajar meliputi kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan keperpustakaan, dan kebiasaan mengikuti ujian, kecerdasan emosional diukur berdasarkan lima komponen yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, selanjutnya variabel budaya menggunakan perbedaan budaya serta budaya non jawa dan jawa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar, kecerdasan emosional dan budaya. Uji yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan menggunakan aplikasi program SPSS 25.0. Hasil analisis menunjukan pengaruh perilaku belajar, kecerdasan emosional dan budaya berpengaruh postif terhadap tingkat pemahaman akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara simultan hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel perilaku belajar, kecerdasan emosional, dan budaya berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.