PENGARUH HARBOLNAS (HARI BELANJA ONLINE NASIONAL) DAN VOUCHER GRATIS ONGKIR TERHADAP TINGKAT PEMBELIAN DI ONLINE MARKET PLACE SHOPEE KOTA TANGERANG

Authors

  • Juwita Qadarsi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Wanda Yulia Utami Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.35592/jeb.v27i2.2689

Keywords:

Harbolnas, Vocher Gratis Ongkir, Tingkat pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harbolnas (X1), Voucher Gratis Ongkir (X2) terhadap Tingkat Pembelian (Y) di online market place Shopee. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Aplikasi Shopee di Kota Tangerang. Pengambilan sampel dengan jumlah 30 orang responden dilakukan dengan teknik incidental sampling. Sedangkan analisis data dilakukan dengan, uji hipotesis, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi (R2). Menggunakan instrumen pengukuran skala likert dengan menggunakan aplikasi program SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Harbolnas tidak berpengaruh terhadap tingkat pembelian di online market place Shopee, secara parsial Voucher Gratis Ongkir berpengaruh terhadap tingkat pembelian, secara simultan Harbolnas, dan Voucher Gratis Ongkir berpengaruh terhadap Tingkat Pembelian di online market place Shopee.

References

<ol><li>Assauri, Sofjan. 2014. “Manajemen Pemasaran” Jakarta: Raja Grafindo Persada.</li><li>Ginee, 2022. “Sejarah Shopee di Indonesia: Marketplace Sukses di Tanah Air” from https://ginee.com/id/insights/sejarah-shopee-indonesia/</li><li>I Putu , Tubagus 2018., “ Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur “.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya. </li><li>Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 3(02), 1–11.</li><li>Ferry, dkk, 2021. “ Pengaruh Produk, Lokasi, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Cluster Victoria (Studi Kasus Pt. Arta Buana Sakti)” Jurnal FEB Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. </li><li>Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. </li><li>Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.</li></ol>

Downloads

Published

2021-12-11

How to Cite

Qadarsi, J., & Utami, W. Y. (2021). PENGARUH HARBOLNAS (HARI BELANJA ONLINE NASIONAL) DAN VOUCHER GRATIS ONGKIR TERHADAP TINGKAT PEMBELIAN DI ONLINE MARKET PLACE SHOPEE KOTA TANGERANG. EKONOMI BISNIS, 27(2), 816–824. https://doi.org/10.35592/jeb.v27i2.2689