IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU WHISTLEBLOWING PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33592/jeb.v28i2.2966Keywords:
: personal cost, ethical climate-egoism, ethical climate- benevolence, ethical climate- principle, whistleblowingAbstract
Keberhasilan usaha menjadi salah satu tujuan penting yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan atau dalam bisnis. Pelaku usaha harus melakukan analisis strategi yang dilakukan untuk dapat bersaing dalam memperoleh panga pasar sehingga akan berdampak pada permintaan pasar yang semakin meningkat, akibatnya pelaku usaha dapat menentukan permainan harga dengan tetap menjaga tingkat loyalitas dan kepuasan konsumen. Konsep terpenting dalam suatu bisnis adalah tetap menngedapankan kepentingan publik baik dari skala administrasi maupun pelaporan. Beberapa perlakuan ekonomi yang menjadi permasalahan utama adalah rendahnya konsep akuntabilitas dan transparansi yang diterapkan oleh pelaku usaha. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan syarat yaitu pelaku usaha kafe, lama usaha lebih dari satu tahun dan beroperasi di Kota Malang sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal cost mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap whistleblowing, ethical climate-egoism mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap whistleblowing, ethical climate- benevolence mempunyai pengaruh signifikan dan negatif terhadap whistleblowing dan ethical climate-principle mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap whistleblowing