PENGARUH STORE ATMOSPHERE, LIFESTYLE, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Authors

  • Emil Iana Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang
  • Sugeng Lubar Prastowo Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang
  • Hidayat Syah Universitas Islam Syekh Yusuf, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33592/jeb.v29i1.3641

Keywords:

Store Atmosphere, Lifestyle, Variasi Produk, Keputusan Pembelian Ulang, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh store atmosphere, lifestyle, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian ulang, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi, pada Foresthree Coffee di Kota Tangerang. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive dengan menyebarkan kuesioner berskala Likert kepada 135 responden sebagai pelanggan Foresthree Coffee di Kota Tangerang. Analisis data menggunakan Smart PLS 4.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa store atmosphere dan lifestyle berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian ulang, sedangkan variasi produk dan kepuasan pelanggan tidak memberikan pengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian ulang. Namun, store atmosphere, lifestyle, dan variasi produk memberikan pengaruh signifikan secara langsung terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji pengaruh store atmosphere, lifestyle, dan variasi produk secara tidak langsung melalui variabel kepuasan pelanggan membuktikan bahwa tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang.

References

Adnan. (2020). Pengaruh Atmosfer Café, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Dokter Kupi Café Di Kota Lhokseumawe).9(1),15–25. Https://Ojs.Unimal.Ac.Id/Visi/Article/V iew/4842

Anas, K., Kunci, K., Hidup, G., & Pembelian, K. (2020). Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) Dan Harga Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Yuank Kota Bima. Journal Of Business And Economics Research (Jbe), 1(2), 131–138. Http://Ejurnal.Seminar- Id.Com/Index.Php/Jbe/Article/View/203

Ayuningtyas, E., Santoso, B., & Winahyu, P. (2023). Analisis Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Diversifikasi Produk, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Empiris Loyalitas Pelanggan Pada Mie Apong Sampurnagebang Jember). 2(1), 99– 114. Https://Doi.Org/10.36841/Jme.V2i1.264 4

Dahri Muhammad. (2020). Jenis Variabel Dan Skala Pengukuran, Perbedaan Statistik Deskriptif Dan Inferensial. Https://Doi.Org/10.37531/Sejaman.V5i2.3316

Duwila, Z., Supandi, A., Ogi, I., Ekonomi, F., Bisnis, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Awareness Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado The Influence Of Celebrity Endorsment, Brand Awareness And Lifestyle On Purchase Decisions For Scarlett Whitening Products In Manado City. In Z. Duwila.,

A. Supandi., I. Ogi 269 Jurnal Emba (Vol. 10, Issue 1). Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V10i1. 37777

Eka, W., Layanan, K., Kepercayaan, D., Gaya, H., Terhadap, M., Pembelian, U., Melalui, K., Konsumen, W., Eka, W. , Prihandono, D., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2017). Management Analysis Journal. Management Analysis Journal, 6(2). Http://Maj.Unnes.Ac.Id

Ekowati, S. 2020, & Finthariasari, M. (N.D.). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Eleven Cafe Bengkulu (Vol. 3, Issue 1). Retrieved March 6, 2023, From Https://Doi.Org/10.36085/Jam- Ekis.V3i1.555

Kalsum, U., & Usuli, S. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minuman Boba Brown Sugar Gar_Fresh. 21(1). Https://Doi.Org/10.37606/Publik.V7i2.1 32

Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75. Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V6i1.10 196

Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., Walangitan, O., Studi, P., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2022). Pengaruh Variasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.Id Pada Media Sosial Instagram (Vol. 3, Issue 2). Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php /Productivity/Article/View/38676

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. In Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sdm E (Vol. 2, Issue 3). Https://Doi.Org/10.47747/Jnmpsdm.V2i 3.374

Lubar Prastowo, S., Studi Manajemen, P., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (N.D.). Apakah Brand Awareness Mampu Memoderasi Promosi, Kualitas Produk Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian? In Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen (Vol. 6, Issue 2). Http://Jurnal.Unswagati.Ac.Id/Index.Ph p/Jibm

Nandika, O. :, & Pradana, R. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Respon Anak Sebagai Variabel Moderator (Vol. 16, Issue 2). Https://Doi.Org/10.21831/Jim.V16i2.34 764

Natsir, M. F., Zulkarnain, & Alwie, F. A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan

Kawasaki Konsumen D-Tracker Sepeda Motor 150 Di Kota Dumai. Viii(1). Https://Doi.Org/10.46750/Economica.V 8i1.28

Olivia Dela Meinalti, R., Budiantono, B., & Hastuti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Kedai Jumjum Thai Tea Pare-Kediri. Https://Doi.Org/10.31328/Wnceb.V2i1. 3125

Pawarti, G., Hadi, S. P., Administrasi Bisnis, D., & Diponegoro, U. (2022). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Supermaket Toko Pomo, Boyolali). In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 11, Issue 1). Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Ph p/Jiab

Prastowo, S. L., Djaenudin, E. M., Apiyanti, N. V., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Pengaruh E-Promotion, Pelayanan, Kemudahan, E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian, Melalui Perilaku Konsumen Pada Marketplace Lazada. Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 7(1). Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index. Php/Ecodemicawebsite:Https://Ejournal. Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Ecodemica

Purwati, A. A., Yusrizal, Y., & Ramadhani, I. C. (2019). Pengaruh Life Style, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Of Management And Bussines (Jomb), 1(1), 22–36. Https://Doi.Org/10.31539/Jomb.V1i1.65 2

Sofya, D. N., & Purwanto, S. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ulang “Slai O’lai.†Jmk (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(3), 28. Https://Doi.Org/10.32503/Jmk.V6i3.187 1

Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Waroeng Debox. 5(3). Https://Doi.Org/10.30872/Jmmn.V13i2. 9800

Welsa, H., & Khoironi, M. (2019). Pengaruh Kualiatas Layanan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan

Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Vol.10,Issue1).Http://Ebbank.Stiebban k.Ac.Id/Index.Php/Ebbank/Article/View/151

Yunila, Pariama, M., & Apriani, N. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadapkeputusan Pembelian Ulang Padambakoy Coffee Unaaha.10(2), 103–108. Http://Dx.Doi.Org/10.24127/Pro.V10i2. 6717

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Iana, E., Prastowo, S. L., & Syah, H. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, LIFESTYLE, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. EKONOMI BISNIS, 29(1), 30–46. https://doi.org/10.33592/jeb.v29i1.3641