PENGARUH HARGA, INFLUENCER MARKETING, DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERUM SOMETHINC DI KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.35592/jeb.v30i1.3752Keywords:
Harga, Influencer Marketing, Kepercayaan Merek, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh harga, influencer marketing dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian pada Serum Somethinc di Kabupaten Tangerang. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif pendekatan asosiatif kausal. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik snowball sampling dengan menyebarkan kuesioner berskala Likert kepada 150 responden sebagai pelanggan Serum Somethinc di Kabupaten Tangerang. Analisis data menggunakan SPSS ver.26. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial harga dan influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepercayaan merek tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan analisis data secara simultan harga, influencer marketing, dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli.
References
Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v 5i01.2243
Dewi, R. S., Rahadhini, M. D., & Suprayitno. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Atribut Produk
Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Skincare Larissa Aesthetic Center Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 18(4), 502–510.
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J.G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i 2.6663
Fathurrahman, M. M., Triwardhani, D., & Argo, J. G. (2021).Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet By Najla. Prosiding SENAPENMAS, 346(2), 1209. https:/ doi.org/10.24912/psenapen mas.v0i0.15157
Firmansyah. (2019). Pemasaran Produk & Merek (Planning and Startegy) (Qiara Media (ed.); Cetakan Pe). CV. Penerbit Qiara Media.Handayani, N. T., & Usman, O. (2021). Quality Website on Purchase Decisions Online on Online.1,1–29. https://ssrn.com/abstract=376848 3
Iswandi, M., & Ester, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Gelael MT Haryono.12 No.1(1), 19. http://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/JKM/art icle/view/2203
Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei,S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen.Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34.
Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity, 2(4), 272–275.https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/in dex.php/productivity/article/view/ 34831
Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). MANAJEMEN PEMASARANPendekatan Praktis dengan Teori - Teori Para Ahli (Cetakan Ke). Atalya Rileni Sudeco, Jakarta, Anggota IKAPI.
Nasir, T. M. B., Priyono, A. A., & Sholehuddin, S. (2023). Pengaruh Iklan Sosial Media, Influencer Marketing, dan Electronic Word- of-Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Avoskin (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). e – Jurnal Riset Manajemen, 12(1), 756–764.
Putra, F. (2023). Pasar Kemis Jadi Wilayah dengan Kualitas Udara Terburuk Sepanjang 2022 Versi IQAir.TangerangNews.Com. https://tangerangnews.com/kabup aten-tangerang/read/45143/Pasar- Kemis-Jadi-Wilayah-dengan- Kualitas-Udara-Terburuk- Sepanjang-2022-Versi-IQAir
Qadarsi, J., & Utami, W. Y. (2021). Pengaruh Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Dan Voucher Gratis Ongkir Terhadap Tingkat Pembelian Di Online Market Place Shopee Kota Tangerang. Ekonomi Bisnis Unis, 27(2),816824.http://ejournal.unis.ac.id/index.ph p/JEB/article/view/2689
Safri, H. (2018). Pengantar Ilmu Ekonomi (D. Ilham (ed.); Ed.1 , Cet). Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Segetmena, S., Sapari, L., & Kastanya, (2022). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 11 No . 1 Juli 2022 E - ISSN. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 49–58.
Statista. (2022). Beauty & Personal Care - Indonesia. Statista.com. https://www.statista.com/outlook/ cmo/beauty-personal care/indonesia#revenue
Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579–599. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i 2.487
Syafitri, A., Ratna Sari, E., & Sanjaya, (2021). Pengaruh Citra Merek,pomosi Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung). Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 25–38. Tarigan, A. S., & Siregar, Z. (2019). Pengaruh Harga Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone (Studi kasus pada OPPO Store, Sinergy Celular Medan). Jurnal PLANS
Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 14(1),17. https://doi.org//10.24114//plans.v1