PENGARUH KUALITAS WEBSITE, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN DI SITUS BELANJA ONLINE BUKALAPAK
Abstract
Penelitian ini meneliti pengaruh kualitas website, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli pelanggan di situs belanja online Bukalapak. Penelitian dilakukan karena di era milenial, persaingan bisnis pada situs belanja online semakin meningkat sehingga perlunya perusahaan situs belanja online Bukalapak, terus melakukan perbaikan kualitas website/ aplikasi, kualitas pelayanan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan, dengan harapan situs belanja online Bukalapak menguasai pangsa pasar atau menjadi market leader. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli di situs belanja online Bukalapak. Metode penelitian kuantitatif yaitu dengan mencari hubungan secara kausal. Penelitian dilakukan di Kota Tangerang, dengan jumlah mengambil sampel 100 orang responden, dilakukan terhadap pelanggan yang pernah belanja di situs online Bukalapak. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mendapatkan data empiris responden. Dari hasil penelitian menunjukkan pengaruh variabel kualitas website, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli pelanggan sebesar 0,499 atau 49,9%, sedang sisanya merupakan variabel residu. Hasil analisis kualitas website, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan, secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli pelanggan. Kualitas website berpengaruh positif terhadap minat beli pelanggan. Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap minat beli pelanggan. Kepercayaan pelanggan menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan tidak berpengaruh positif terhadap minat beli pelanggan.
Kata kunci: kualitas, pelayanan, kepercayaan, belanja, online
Â
References
Adji, J. (2014). Pengaruh Satisfaction dan Trust Terhadap Minat Pembelian di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–10. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1394
Anwar, R. N., & Afifah, A. (2018). Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen, 9(1), 46. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v9i1.1316
Arie Prayoga. (2018). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Pada Indomaret dan Alfamart Di Candi Gebang, Sleman , daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved from UII website: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12164
Bekti, H. (2015). Mahir membuat website dengan adobe dreamweaver CS6, CSS, dan JQUERY. In Adobe Dreamweaver CS6, CSS, dan Jquery.
Büttner, O. B., & Göritz, A. S. (2008). Perceived trustworthiness of online shops. In Journal of Consumer Behaviour (Vol. 7). https://doi.org/10.1002/cb.235
Fox, V. (2010). Marketing in the Age of Google: Your Online Strategy Is Your Business Strategy‎. Retrieved from http://books.google.com/books?id=WeUadFeW498C&printsec=frontcover%5Cnpapers2://publication/uuid/F992994F-57DD-4D5C-8A54-52967C65E906
Ghani, R. (2018). Peran Perantara e-Kepuasan dan e-Kepercayaan Pada Pengembangan e-Loyalitas Dalam Konteks Bisnis Online Pada Pembelanja Online Wanita. Retrieved from UII website: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11089
Gregg, D. G., & Walczak, S. (2010). The relationship between website quality, trust and price premiums at online auctions. In Electronic Commerce Research (Vol. 10). https://doi.org/10.1007/s10660-010-9044-2
Gutavsson, M. & J. A. (2006). Consumer Trust in E-Commerce Gutavsson, M. & Johansson A. - Google Cendekia. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Consumer+Trust+in+E-Commerce+Gutavsson%2C+M.+%26+Johansson+A.&btnG=
Hidayat, T. (2008). Panduan Membuat Sistem informasi penjualan online dengan OSCommerce. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=ybIPPdxW5A0C&oi=fnd&pg=PR5&dq=related:idWEwWavpFQJ:scholar.google.com/&ots=1xiX5MlINP&sig=tLlUqYe63TsRAbX10i0b2IW0ShY
Islam, R. H. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Mencuci Ulang Pada Sneaklin 3rd Workshop Buah Batu No.197 Bandung. Retrieved from https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/10128
Jackson, S. (2009). Cult of Analytics: Driving online marketing strategies using web analytics. In Cult of Analytics: Driving online marketing strategies using web analytics. https://doi.org/10.4324/9780080885179
Kaufmann, H. R., & Panni, M. F. A. K. (2017). Socio-economic perspectives on consumer engagement and buying behavior. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2139-6
Kim, H., & Niehm, L. S. (2009). The Impact of Website Quality on Information Quality, Value, and Loyalty Intentions in Apparel Retailing. In Journal of Interactive Marketing (Vol. 23). https://doi.org/10.1016/j.intmar.2009.04.009
Laily, A. N. (2019). Laily: Pengaruh online experience dan online concerns... - Google Cendekia. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=http%3A%2F%2Frepository.wima.ac.id%2F17395%2F3%2FBAB%25201.pdf&btnG=#d=gs_cit&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AQ-ClK3n9tEEJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D0%26hl%3Did
McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology. Information Systems Research, 13(3), 334–359. https://doi.org/10.1287/isre.13.3.334.81
Roy Franedya. (2019). Ini Toko Online yang Paling Sering Dikunjungi Orang RI. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190516203654-37-73077/ini-toko-online-yang-paling-sering-dikunjungi-orang-ri
Sahanggamu, S., Mananeke, L., & Sepang, J. (2015). Analisis Kualitas Layanan, Servicescape Dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Sinar Mas Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.35794/EMBA.V3I1.7868
Salam, F. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Pelayanan Karyawan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Pdam Di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. - Repository UIN Sumatera Utara. Retrieved January 27, 2020, from http://repository.uinsu.ac.id/7831/
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 2).
Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2). https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61