PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN NORU COFFEE DI BUKITTINGGI

Authors

  • Rahmad Yunendri Putra Institute Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim, Bukittinggi,
  • Jerry Heikal Universitas Bakrie,Jakarta
  • Andria Ningsih Institute Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim, Bukittinggi
  • Dona Amelia Institute Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim, Bukittinggi

Keywords:

Pemasaran, Electronic Word-of-Mouth, Digital Marketing, Kafe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk eWOM dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian pada Noru Coffe. Penelitian ini merupakan penelitian eskplanatori kuantitatif dengan menerapkan Analisis Binary Logistik. Dalam penelitian ini terdapat sampel sejumlah 100 orang dengan kriteria masyarakat umum yang sudah melakukan pembelian pada Noru Coffee. Setelah menerima informasi mengenai Noru Coffee melalui electronic word-of-mouth (eWOM) yang tersebar pada situs jejaring sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 buah faktor  yakni: Faktor Expressing Positive Feelings, Faktor Platform Assistance, dan Faktor Concern For The Others. Dari ketiga faktor tersebut hanya faktor Platform Assistance memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Faktor Paltform Assistance yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian.

 

 

References

Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122.

Ariyanti, L., & Setyo Iriani, S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day (Studi Pada Konsumen Shopee Jawa Timur). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 491–508. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.58

Fina Aini Rohmah, A., Crusma Fradani, A., & Indriani, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(2), 110–117. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jakbs/index

Inayati, T., Efendi, M. J., & Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing , Electronic Word of Mouth , dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202–209.

Kurnia, R. A. D., Masitoh, M. R., & Huddin, M. N. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Pada Followers Instragram Mcdonald’s Indonesia). Jurnal Ekonomi Vokasi, 4(1), 23–37.

Makur, B., Luh, N., Karta, P. A., Universitas, L. O., Mulya1, T., & Artikel, R. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Mahasiswa Universitas Triatma Mulya (The Influence of Electronic Word of Mouth on Trust and Purchasing Decisions on the Shopee Application for Triatma Mulya University Students). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.35912/JBPD.v2i1.2255

Muhiban, A., & Putri, E. K. (2022). Pengaruh Tampilan Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di PT. Gucci Ratu Textile Kota Cimahi). Jurnal EMT KITA, 6(2), 249–266. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.633

Puspitaningtyas, Y. A., & Saino, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth (E-WOM), dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Ayam Panggang Bu Setu di Gandu Magetan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(4), 545–558. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i4.111

Rahmah, R. M. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Sariayu. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 6(2), 2352–2359. https://doi.org/10.35308/jbkan.v6i2.5710

Rachmalika, Brian Rizky Ali et al. 2015. Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-Of-Mouth Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Hakata Ikkousha Jakarta, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 25, No. 1, Agustus, Hal: 1-10

Resky, Gevi Tonida. 2015. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tas Di Instagram Rgfashion Store. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 3, No. 2, Hal: 1-12

Sanger, Chintya Amelia Nelly. 2013. The Effect of Traditional and Electronic Word of Mouth on Purchase Decision, Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 4, Desember, Hal: 1499-1508

Severi, Erfan et al. 2014. The Impacts of Electronic Word of Mouth on Brand Equity in the Context of SocialMedia, International Journal of Business and Management, Vol. 9, No. 8, Mei, Hal: 84-96

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2009), hlm. 213.

Themba, Godfrey dan Monica Mulala, 2013. Brand-Related eWOm and Its Effect on Purchase Decision: An Empirical Study of University of Botswana Students, International Journal of Business and Management, Vol. 8, No. 8, Maret, hal: 31-40

Ulandari, A., Parlyna, R., & Fidhyallah, N. F. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Celebrity Endorser terhadap Online Purchase Intention pada Konsumen Perusahaan X di Jakarta Ayu. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 160–173.

Wijaya, Tommy dan Eristia Lidia Paramita. 2014. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Dslr, Sancall, Hal: 12-19

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Putra, R. Y. ., Heikal, J. ., Ningsih, A. ., & Amelia, D. . (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN NORU COFFEE DI BUKITTINGGI. EKONOMI BISNIS, 29(2), 89–98. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/4541