FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKU UMKM DALAM IMPLENTASI SAK EMKM DALAM PELAPORAN KEUANGAN DEBITUR UMKM PADA DEBITUR BANK NAGARI CABANG PEMBANTU DANGUNG-DANGUNG

Authors

  • Jennisa Dwina Indriani Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim, Bukittinggi
  • Sri Asyrafil Mustaqmah Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim, Bukittinggi
  • Anne Putri Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim, Bukittinggi

Keywords:

Tingkat Pemahaman, Tingkat Kesiapan, Tingkat Pendidikan, SAK EMKM, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah terbukti sebagai sektor ekonomi yang dapat bertahan dalam berbagai krisis ekonomi di Indonesia. Oleh karena itu, kemampuan UMKM dalam menyusun laporan keuangan semakin penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman, kesiapan, dan tingkat pendidikan para pelaku UMKM dalam menerapkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) sebagai landasan untuk menyusun laporan keuangan. Penelitian dilakukan terhadap 143 debitur fasilitas kredit mikro di Bank Nagari Cabang Pembantu Dangung-Dangung, dengan menerapkan rumus Slovin untuk menentukan ukuran sampel sebanyak 59 debitur. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varians PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman, kesiapan, dan tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerapan SAK EMKM dalam pelaporan keuangan oleh debitur UMKM.

References

Akterujjaman, S. . (2010). Problems and Prospects of SMEs Loan Management : A Study on Mercantile Bank Limited , Khulna Branch. Journal of Business and Technology (Dhaka), (02), 15–16.

Arikunto. (2004). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (5th ed.). Rineka Cipta.

Basrowi dan Juariyah S. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Ekonomi & Pendidikian, 7, 58–81.

Belkaoui, A. riahi. (2006). Teori Akuntansi (5th ed.). Salemba Empat.

Chin, W., W. (1998). The partial least squares approach for structural equation modeling. In George A. Marcoulides (Ed.), Modern Methods for Business Research, Lawrence Erlbaum Associates.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing theory and Practice, 19(2), 139-152.

Hasbullah. (2008). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas publik ( SAK ETAP). Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia.

Kasmir. (2013). Analisis laporan keuangan (Vol. 6). Rajawali Pers.

Meryana, E. (2012). Tiga hal yang buat UMKM tahan krisi.

Notoatmodjo, S. (2003). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press.

Suwardjono. (2008). Perekayasaaan pelaporan keuangan. BPFE.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Dwina Indriani, J., Asyrafil Mustaqmah, S. ., & Putri, A. . (2024). FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKU UMKM DALAM IMPLENTASI SAK EMKM DALAM PELAPORAN KEUANGAN DEBITUR UMKM PADA DEBITUR BANK NAGARI CABANG PEMBANTU DANGUNG-DANGUNG. EKONOMI BISNIS, 30(1), 15–26. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/4767