PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN DAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK MAYBANK Tbk, CAPEM CITRA RAYA CIKUPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) sejauh mana pengaruh citra merek secara pasial terhadap loyalitas nasabah, (2) sejauh mana pengaruh kualitas layanan secara parsial terhadap loyalitas nasabah, (3) sejauh mana pengaruh produk secara parsial terhadap loyalitas nasabah (4)sejauh mana pengaruh citra merek, kualitas layanan dan produk secara simultan terhadap loyalitas nasabah PT Bank Maybank Tbk,.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Mega Cabang Pondok Indah. Sedangkan sampel penelitian sebesar 150 responden. Instrumen pengumpulan data disusun dalam angket yang menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan pada taraf signifikansi 95%.
Terdapat Pengaruh Variabel Citra Merek, Kualitas Layanan dan Produk Secara Bersama Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Maybank.. Koefisien korelasinya adalah sebesar 0,659. Koefisien determinasi sebesar 96,9 % variansi yang terjadi pada loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh Citra Merek, Kualita Layanan, dan Produk. Uji F Menghasilkan Fhitung sebesar 37,263 > F = 3,91 dengan persamaan regresi : Ŷ = -2,228 + 0,288 X1 + 0,216 X2 + 0,407 X3 Sehingga variabel Citra Merek, Kualitas Layanan dan Produk Secara bersama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Maybank. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Produk Secara Parsial Maupun Bersama terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Maybank.Capem Citra Raya Cikupa Tangerang.
Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Layanan, Produk, Loyalitas Nasabah
References
Buchari, Alma.2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung
Chan, Syafrudin.2003. Relationship Marketing.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Cochran, W.G. 2018. Tekhnik Penarikan Sampel. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universias Diponegoro. Semarang
Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, alih bahasa Kartini Yahya. Erlangga. Jakarta
Keller, Kevin Lane. 1993. Conceptualizing, Measuring and Managing Customer Based Brand Equity. Journal of Marketing and LogisticsVol. 20 Iss : 2,pp.139-155
Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management : Building, Measuring, and managing Brand Equity 3rd Edition. Upper Saddle River : Pearson Education, Inc
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, Philip. 2016. Marketing Management 11th Edition. New Jersey : Prantice Hall
Kotler, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga . Jakarta.
Kasmir. 2004. Pemasaran Bank. Prenada Media . Jakarta.
Sulistyawati, Praba (2015)â€Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang†Universitas Diponegoro Semarang
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.