SURVEI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PENGGUNA APLIKASI SIDONI RS UTD PMI KABUPATEN TANGERANG
Keywords:
Customer Satisfaction Survey, SIDONI RS Application, UTD PMI Tangerang RegencyAbstract
Tingginya kebutuhan darah di wilayah Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) menuntut Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Tangerang untuk terus berinovasi dalam meningkatkan layanan darah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan sistem informasi manajemen berbasis web, seperti aplikasi SIDONI RS, yaitu modul berbasis web yang terintegrasi dengan sistem informasi donor darah Indonesia. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pemesanan darah secara online bagi rumah sakit dan bank darah rumah sakit (BDRS) melalui akses ke situs web SIDONI RS. Dengan demikian, mereka dapat melihat data stok darah secara real-time dan melakukan pemesanan sesuai kebutuhan dari stok darah yang tersedia. Fitur-fitur yang tersedia di SIDONI RS antara lain informasi ketersediaan darah secara real-time berdasarkan golongan dan komponen darah, pemesanan darah secara online untuk transfusi pasien dan pengisian stok BDRS, pemantauan proses pemesanan, konfirmasi ketersediaan darah, fitur pending order untuk darah yang tidak tersedia atau yang direncanakan untuk transfusi, dan fitur permintaan dari bangsal ke BDRS. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan pengguna terhadap aplikasi SIDONI RS di rumah sakit di wilayah Tangerang Raya. Populasi penelitian terdiri dari pengguna SIDONI RS dari 57 rumah sakit. Dengan menggunakan non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh, diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan Google Forms, dengan skala likert.Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan penelitian survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas layanan – tangibles, reliabilitas, daya tanggap, assurance, dan empathy – terbukti menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan pengguna terhadap aplikasi SIDONI RS di UTD PMI Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan mayoritas responden memberikan tanggapan positif terhadap pernyataan terkait masing-masing variabel.
References
Engel, J. F., Miniard, G., & W., B. P. (1994). Perilaku Konsumen (1st ed.). Binarupa Aksara.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (Eighth Edi). McGraw-Hill, a business unit of The McGraw-Hill Companies, Inc., 1221 Avenue of the Americas, New York, NY 10020.
Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 (ed.)). PT. Indeks.
MacMillan, J. H. and, & Schumacher, S. (2001). Research in Education. A Conceptual Introduction. 5th Edition, Longman, Boston.
Parasuraman, Valarie A., Z., & Leonard L, B. (1988). Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1).
PP No 7. (2011). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Pelayanan Darah.
Solimun, Armanu, & Fernandes, A. A. R. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif: Perspektif Sistem. Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian. UB Press, Malang, Indonesia.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Vanderstoep, S. W., & Johnston, D. D. (2009). Research Methods for Everyday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches (1st ed.). Jossey-Bass. by John Wiley & Sons, Inc. All rights reserved.
Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. (2013). Business Research Methods (9thed ed.). South-Western, Cengage Learning.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 EKONOMI BISNIS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.