PELAKSANAAN KEGIATAN PELAYANAN KELILING PEREKAMAN E-KTP DI KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Siti Zubaidah STIA Bala Putra Dewa Palembang1
  • Rusdi Laili STIA Bala Putra Dewa Palembang
  • Dian Kristiawan STIA Bala Putra Dewa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33592/jiia.v10i1.611

Abstract

This study discusses the implementation of Mobile Recording E-Identity Card Service Activities in Tanjung Lago District, One of which supports the implementation of the E-Identity Card is a printing press. The regions do not yet have permission to choose their own E-Identity Card because the current authority is still at the Center. On the basis of the above problems, a special government apparatus in Tanjung Lago Subdistrict, Banyuasin District, did a recording of the E-Identity Card to help and facilitate the community in the process. This study uses a qualitative method with observation techniques and direct interviews with informants. The conclusion of this study is that there are still people who do not have an E-Identity Card because the people in Tanjung Lago District are happy to record e-ID Card and related printing machines that are still at the center and there are still responses to the government that are less friendly from the government apparatus in Tanjung District, For this reason, infrastructure facilities to support the e-ID card recording process in Tanjung Lago Subdistrict are provided by the central government.

References

Buku :

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta:

Andi Offset

Alfandi. Safuan. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Solo: Sendang Ilmu

Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bina Aksara.

George R. Terry ,2000. Prinsip-Prinsip Manajemen. (edisi bahasa Indonesia). PT.

Bumi Aksara: Bandung.

Hasan`M. Iqbal. 2002. Pokok – Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia (Anggota IKAPI). Yogyakarta.

Hasibuan Malayu. 2003. Manajemen (Dasar, Pengertian dan Masalah).

Bumi Aksara. Jakarta.

Jhon Salindeho, 1998. Tata Laksana Dalam Manajemen, Sinar Grafika, Jakarta.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif.

Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

M.Manullang, Dasar-Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1995, hal.18.

Sujanto, Op.Cit, hal.13. 12

Miles, M.B. and Huberman, A.M. (1984). Qualitative Data Analysis: A

Sourcebook of New Methods. Beverly Hills CA: Sage Publications.

Daft, Richard L. 2002. Manajemen Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta : Erlangga.

Semil, Nurmah.Dkk. 2014.“Buku Pedoman Penulisan Tesisâ€. Palembang :

Universitas Pascasarjana STISIPOL Candradimuka

Siagian, Sondang P. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Bumi Aksara.

Jakarta

Sinambela, Lijan Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori,

Kebijakan dan. Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Jurnal :

Dwi, Jatmiko. 2012. KualitasPelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Dalam

Meningkatkan Kepuasan Masyarakat (Studi di Kecamatan Grobogan

Kabupaten Grobogan). Semarang: Universitas 17 Agustus 1945.

Haq, Saiful, Agus Suharsono, Suji. 2014. Kualitas Pelayanan Pubik Dalam

Pembuatan e-KTP Pada Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Jember:

Universitas Jember.

Perundang-Undangan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2007 tentang

Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2009 yang telah di ubah dengan Peraturan

Presiden Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Penerapan Kartu Tanda

Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi

Kependudukan.

Undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Catatan Sipil.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 344 ayat (2) tentang Pemerintah

Daerah

Website :

http://sisteminformasi.blog.binusian.org/2014/04/12/evaluasi-implementasi-e-ktp-di-indonesia/ diakses tanggal 2 Februari 2020

http://repository.uin-suska.ac.id/4069/3/BAB%20II.pdf diakses tanggal 2 Februari 2020

http://kec-muarasugihan.banyuasinkab.go.id/ diakses tanggal 3 Februari 2020

http://digilib.unila.ac.id/16188/13/BAB%202.pdf diakses tanggal 12 Februari 2020

http://dispendukcapil.surakarta.go.id/20XIV/index.php/id/pelayanan-kami/kependudukan/ektp diakses tanggal 27 Februari 2020

Downloads

Published

2020-01-03

How to Cite

Zubaidah, S., Laili, R., & Kristiawan, D. (2020). PELAKSANAAN KEGIATAN PELAYANAN KELILING PEREKAMAN E-KTP DI KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN. JURNAL ILMIAH ILMU ADMINISTRASI, 10(1), 35–48. https://doi.org/10.33592/jiia.v10i1.611