ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TEORI KASTOLAN

Authors

  • Elsya Suharnita Universitas Riau
  • Kartini Kartini Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.33592/jipis.v33i1.4581

Keywords:

analisis kesalahan, teori kastolan, luas permukaan bangun ruang sisi datar

Abstract

Hambatan yang dialami peserta didik dalam belajar matematika menyebabkan terjadinya kesalahan saat menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kesalahan peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan teori kastolan, yang terdiri dari kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 14 Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023 yang meliputi 18 peserta didik.  Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, non tes, dan wawancara. Tes merupakan soal tentang materi luas permukaan bangun ruang sisi datar, dan non tes merupakan dokumentasi hasil jawaban peserta didik. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi yang lebih akurat mengenai pendapat peserta didik dalam menyelesaikan soal luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan tertinggi ada pada indikator menentukan luas permukaan limas. Persentase kesalahan tertinggi terdapat pada kesalahan konseptual. Kesalahan ini disebabkan peserta didik cenderung menghafal rumus, belum dapat membedakan antar bangun ruang sisi datar lainnya, dan peserta didik tidak memahami konsep luas permukaan bangun ruang sisi datar.

References

Andriyani, A., & Ratu, N. (2018). SOAL CERITA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. 1(1), 16–22.

Atiqoh, K. S. N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11687

Chasanah, A. N., dkk (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang. … Matematika Dan Sains, 9(2), 107–115. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/31642

Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 579–586. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.225-230

Damayanti, & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 23, 37–50.

Firdaus, E.F., Amalia, S.R., Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Dialektika P. Matematika, 8(1), 542–558.

Indriani, M. N., & Imanuel, I. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 256–262. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19596

Juanti, S., Karolina, R., & Zanthy, L. S. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 4(2), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.239-248

Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 493. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p493-504

Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v6i1.1288

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Journal of honai math. 3(1), 77–100.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan

Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Restu Yulanda, Y. (2018). Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2

Pariaman. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 121–126.

Rihi, F., & Saija, L. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta didik SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 69–76.

Rodhitul Amni, Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Bagian Balok Berdasarkan Teori Newman. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 215–224.

Syahreza Fahlevi, M., Sylviana Zanthy, L. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 313–322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.313-322.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Suharnita, E., Kartini, K., & Saragih, S. . (2024). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN TEORI KASTOLAN. JIPIS, 33(1), 1–12. https://doi.org/10.33592/jipis.v33i1.4581

Issue

Section

Articles