PENINGKATAN PARTISPASI SISWA DALAM BERTANYA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL

Authors

  • Yoga Yogaswara Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Ade Maftuh Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Deni Chandra Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.33592/jipis.v33i2.5174

Keywords:

Partisipasi Siswa, Bertanya, Media Audio Visual

Abstract

Kurangnya partisipasi anak dalam bertanya merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena proses bertanya merupakan salah satu metode penting bagi anak untuk merangsang pemikiran kritis, memperluas pengetahuan, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Maka dari itu peneliti ingin menerapkan pembelajaran menggunakan media audio visual untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam bertanya. Dalam penelitian ini, metode yang dignakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan teknik deskriptif persentase. Subjek penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas III SDN Karanglayung. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai partisipasi bertanya yang diperoleh siswa di siklus I dengan nilai rata – rata adalah 70,8, dengan ketercapaian 46,6%% serta siklus II dengan nilai rata – rata adalah 79,6 dan ketercapaianya 80%, adapun untuk persentase peningkatannya sebesar 12,42%. Dari peningkatan yang diperoleh dari pra tindakan, siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual terbukti mampu meningkatkan partisipasi bertanya siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di Kelas III SDN 2 Karanglayung. Bagi guru dan calon guru harus memperhatikan kebutuhan siswa dizaman sekarang dan diharapkan mampu menciptakan atau membuat inovasi baru bagi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.

References

Ariyani, Ramdhani, I.S & Sumiyani. Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi”. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing.Vol. 3. No. 2.2020.

Faruk, Y. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Lingkungan.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Iskandar, D., & Narsim. (2015). Penelitian Tindakan dan Publikasi.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT: Prestasi Pustaka Raya.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Pardosi, T. (2018). Penggunaan Media Audio visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas VII SMP 3 Rengat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Mitra Guru, 4(6).

Rosmawati, E., Chandra, D., & Febriani, W. D. (2024). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Playing pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 2 Cibanteng. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1304-1312.

Rusman. 2012. Belajar dam Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, et al., 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S. (2012). Pelatihan Pakem Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Pada Proses Pembelajaran Di Kelas (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Published

2024-10-31

How to Cite

Yoga Yogaswara, Maftuh, A., & Chandra, D. (2024). PENINGKATAN PARTISPASI SISWA DALAM BERTANYA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL. JIPIS, 33(2), 122–130. https://doi.org/10.33592/jipis.v33i2.5174