PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN

Authors

  • Malla Perwandaka Universitas Perjuangan
  • Febri Fajar Pratama Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Hatma Haris Mahendra Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.33592/jipis.v33i2.5262

Keywords:

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Berdasarkan studi awal melalui observasi kelas di kelas tiga SD Negeri Bebedahan, ditemukan bahwa siswa memiliki hasil belajar yang rendah dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn), khususnya dalam materi hak dan kewajiban. Hasil belajar siswa kelas tiga di SDN Bebedahan belum mencapai kriteria untuk memenuhi tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan desain PTK Kemmis MC Taggart. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas tiga di SDN Bebedahan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) melalui penerapan model pembelajaran Make a Match. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dengan model Make a Match berada pada kategori sangat baik, dengan pengamatan. Proses pelaksanaan pembelajaran dengan model Make a Match menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari 78% pada siklus pertama menjadi 91% pada siklus kedua. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus pertama, persentase siswa yang mencapai ketuntasan adalah 64%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 82,14%. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas tiga dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di SDN Bebedahan.

References

A.Heris Hermawan, dkk. 2020. Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik, Jurnal Isema, 5,1, hlm. 203.

Abi Hamid, Mustofa. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis

Aknolt Kristian Pakpahan,, (2020) COVID-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan, Indonesia

Aqib, Z. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Guru SD, SLB dan TK. Yogyakarta: Yrama Widya.

Aris, S. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Arruz Media.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Fathurrohman, Muhammad. 2017. Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Mulyani, Anni. 2014. Belajar dan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz

Hamzah B. Uno. 2018. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bui Aksara.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2016). Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemmis & Mc. Taggart. 2010. The Action Research Planner. Geelong: Deaken Univercity Press

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Mahendra. H. Haris, Kasdi A., Nasution. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Flash Book Sejarah Peradaban Indonesia Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 5 (1).

Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., dan Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16.

Ningsih, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dalam Pembelajaran PPKN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 25-32.

Nurgiansah, T., Pratama, F. F., & Sholichah, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), April. UNTAN.

Pratama, F. F., Nurgiansah, T., & Choerunnisa, R. R. (2022). Kajian Nilai-Nilai Karakter Kearifan Lokal Masyarakat Sunda dalam Membentuk Sikap Moral Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), September. P-ISSN: 1978-0184, E-ISSN: 2723-2328.

Purwanti, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 45-50.

Prastowo, Andi. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. Jakarta: Kencana

Rahmawaty, Feny and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Penggunaan Metode Menyanyi Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas I SD Ta'mirul Islam Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosda Karya. Sundanaya, Rostina. 2015. Stastistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafimdo Persada

Saputra, Targana Adi. (2016). Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar. 1, (2), 2.

Sudjana, Nana. 2015. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Siska, Yulia. 2016. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Garudhawaca

Sudjana, Nana. Penilaian Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2015.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara. Sukmadinata

Suprijono.Agus, (2016), Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto,Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syaharuddin, S., Rahman, A. M., & Fitriyani, R. (2019). Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies. The Kalimantan Social Studies Journal, 1(1), 18-24.

Trianto. 2018. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika

Wiriaatmadja. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas; untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Rosda Karya

Wahyuningtyas, Rizki, dan Bambang S. Sulasmono. 2020. Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2(1).

Published

2024-10-31

How to Cite

Malla Perwandaka, Pratama, F. F., & Mahendra, H. H. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN. JIPIS, 33(2), 94–109. https://doi.org/10.33592/jipis.v33i2.5262