OPTIMALISASI DESAIN PEMBELAJARAN MELALUI INTEGRASI AUGMENTED INTELLIGENCE: SEBUAH TINJAUAN KOMPREHENSIF DAN KERANGKA KERJA

Authors

  • Hero Gefthi Firnando STIE GICI Business School

Abstract

Pada era teknologi pendidikan yang terus berkembang, integrasi Augmented intelligence (AI) menjadi perhatian utama untuk optimalisasi desain pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tinjauan komprehensif dan menyajikan kerangka kerja yang memadukan kecerdasan buatan dengan kapabilitas manusia dalam konteks pembelajaran. Isu-isu utama yang dijelajahi melibatkan tantangan desain pembelajaran yang ada dan bagaimana AI dapat meningkatkan proses tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak integrasi IA dalam desain pembelajaran, menyelidiki metode atau pendekatan yang efektif, dan menyusun kerangka kerja yang dapat memberikan pedoman praktis. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan melakukan studi literatur mendalam dan analisis komprehensif terhadap implementasi  dalam konteks pendidikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas desain pembelajaran dengan memberikan personalisasi, umpan balik real-time, dan adaptabilitas. Kerangka kerja yang diusulkan memberikan landasan bagi pengembangan lebih lanjut dalam mengoptimalkan desain pembelajaran melalui pemanfaatan kecerdasan buatan dan kemampuan manusia yang saling melengkapi. Implikasi praktis dan arah penelitian masa depan juga dibahas untuk memajukan pemahaman dan implementasi konsep AI dalam konteks pendidikan.

 

Kata Kunci: Intelligence Augmented, Desain Pembelajaran, Integrasi Teknologi, Inovasi Pendidikan

References

Abbas, S., & Nurbaya, N. (2020). Lifelong Learning: Pembelajaran Kolaboratif Inklusif Untuk Menyiapkan Generasi Digital Yang Humanis. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender, dan Agama, 14(1), 119–138.

Crowe, D., LaPierre, M., & Kebritchi, M. (2017). Knowledge Based Artificial Augmentation Intelligence Technology: Next Step in Academic Instructional Tools for Distance Learning. TechTrends, 61(5), 494–506. https://doi.org/10.1007/s11528-017-0210-4

Dawis, A. M., Himawan, I. S., Meidelfi, D., Ikhram, F., Intan, I., Harun, R., Haris, M.S., Wahyuddin, S., Yuniar, E., & Purnomo, R. (2022). Artificial Intelligence: Konsep Dasar Dan Kajian Praktis. TOHAR MEDIA.

Foundation, C. (n.d.). Berkenalan dengan Augmented intelligence yang Lebih Pintar dari Kecerdasan Buatan. Cast Foundation. Retrieved 10 October 2023, from https://castfoundation.id/media/berkenalan-dengan-augmented-intelligence- yang-lebih-pintar-dari-kecerdasan-buatan/

Heller, C. H. (2019). NEAR-TERM APPLICATIONS OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE: Implementation Opportunities from Modern Business Practices. Naval War College Review, 72(4), 73–100.

Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68–79. Retrieved 10 October 2023, from https://mediarep.org/items/0109872e-f214-4c1a-a6fb-76fecbdb4fbc/full

Kurdi, M. S. (2021). Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(4), 60– 85.

Kurniawan, D., Wibawa, A., & Anugrah, P. (2021). Artificial Intelligence Sesuai Dengan Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik (JITET), 1(8), 599–611.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.

More, M., & Vita-More, N. (2013). The Transhumanist Reader: Classical and Contemporary Essays on the Science, Technology, and Philosophy of the Human Future. John Wiley & Sons.

Pantan, F. (2023). Chatgpt Dan Artificial Intelligence: Kekacauan Atau Kebangunan Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Era Postmodern. Diegesis: Jurnal Teologi, 8(1), 111– 124.

Risda, R., Septriwinti, F. J., & Nasution, F. (2023). Pendekatan Pemrosesan Informasi. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(1), 49–59.

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah dasar. DINAMIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/937

Sabilla, A. K., & Sutanti, T. (2023). Peran bimbingan konseling dalam memperkuat pendidikan di era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 3.

Sharma, M. (2019). Augmented intelligence: A Way for Helping Universities to Make Smarter Decisions. In V. S. Rathore, M. Worring, D. K. Mishra, A. Joshi, & S. Maheshwari (Eds.), Emerging Trends in Expert Applications and Security (pp. 89– 95). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-13-2285-3_11

Stevanus, K. (2021). Menyoal Konsep Kesembuhan Tubuh: Suatu Kajian Teologis: Questioning the Concept of Body Healing: A Theological Study. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(2), 159–170.

Teigens, V. (n.d.). Kecerdasan Umum Buatan (Vol. 1). Cambridge Stanford Books. Retrieved 10 October 2023.

Wardani, N. N., Herdiansyah, M. A., & Fauzi, M. M. (2023). Vitelly (Electrovibration Real Time Analyze): Innovation Utilizing Electro-vibration Technology and Artificial Intelligence for Texture Projection of Digital Selling Objects as an Effort to Prevent E-commerce Fraud in Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 41–52. https://journal.formosapublisher.org/index.php/snimekb/article/view/4603

Published

2023-10-31

How to Cite

Firnando, H. G. (2023). OPTIMALISASI DESAIN PEMBELAJARAN MELALUI INTEGRASI AUGMENTED INTELLIGENCE: SEBUAH TINJAUAN KOMPREHENSIF DAN KERANGKA KERJA. JIPIS, 32(2), 62–73. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/4220

Issue

Section

Articles