STRATEGI KOMUNIKASI MEDIATOR DALAM PROSES PENYELESAIAN KASUS SAAT PANDEMI (STUDI KASUS HAK AKSES BERTEMU ANAK DI KPAI)
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Mediator, Penyelesaian Kasus, PandemiAbstrak
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) merupakan Lembaga pemerintah yang bergerak dibidang jasa, salah satu tugas dan fungsi KPAI yaitu menerima pengaduan dari masyarakat yang berhubungan dengan hak anak serta menyediakan mediasi untuk para pihak yang ingin melakukan penyelesaian kasus melalui bantuan dari para mediator yang ada di KPAI. Melakukan mediasi membutuhkan strategi yang baik sehingga dapat mencapai kesepakatan bersama. Dengan menganalisis masalah peneliti menggunakan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh Mead dan strategi komunikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,observasi serta dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang di lakukan oleh mediator saat pandemi meliputi 5 tahapan : (1) Penelitian; mediator dalam melakukan tahap penelitian dengan mempelajari kasus tersebut (2) Perencanaan; mediator mengetahui latar belakang dari kedua belah pihak sangat diperlukan agar para mediator bisa menyesuaikan, selain itu juga mencari tahu sifat kedua belah pihak dari pelapor maupun terlapor (3) Pelaksanaan; melakukan pelaksanaan melalui zoom meeting (4) Evaluasi; menurut informan 1 dan 2 melakukan pemanggilan ulang tetapi itu dilakukan dengan divisi monef, menurut informan 3 dan 4 tidak ada evaluasi yang dilakukan mediator (5) Pelaporan; pelaporan tidak dilakukan oleh mediator melainkan divisi monef.