Penerapan Metode CRISP-DM dalam Menganalisis Data untuk Menentukan Customer Behavior di MeatSolution

Authors

  • Nur Cholifah Sastya UPN Veteran Jawa Timur
  • Isna Nugraha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33592/unistek.v10i2.3079

Abstract

MeatSolution merupakan platform penjualan B2B yang bergerak di bidang industri penjualan daging. Dalam melakukan strategi pemasaran diperlukan analisa dari hasil penjualan sebelumnya agar mengetahui perbaikan dan strategi yang akan dilakukan kedepannya. Salah satu cara dalam mengetahui strategi pemasaran adalah dengan melakukan analisa menentukan customer behavior. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari customer behavior yang dimiliki oleh MeatSolution. Dalam penenlitian pencarian customer behavior ini, menggunakan metode CRISP-DM dengan 6 tahapan yang ada. Metode CRISP-DM dilakukan dengan Business Understanding, Data Understanding, Data Preparation, Modeling, Evaluation, dan Deployment. Penggunaan metode ini meggunakan software Microsoft Excel untuk cleansing Data dan Power BI untuk pengolahan data dan pembuatan visualisasi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa customer behavior di MeatSolution untuk top 5 produk yang terjual adalah rendang 500gr, beef slice CS 500gr, shortplate US 250gr, daging giling premium 500 gr, dan shortrib. Selama 5 bulan terakhir (Juli – November 2022) penjualan terbanyak adalah bulan oktober dengan total penjualan 287 item. Untuk top of payment yang paling banyak digunakan adalah dengan sistem COD dengan 757 pengguna. Untuk pembeli terbanyak merupakan dari user grosir dengan 574 produk yang dibeli dengan produk yang banyak dibeli berupa rendang 500gr.

 

Kata Kunci : Kebiasaan Pelanggan, Metode CRISP-DM, Microsoft Excel, Microsoft Power BI

Published

2023-10-04