Perancangan Tata Letak Toko Retail Mandirimart di Kota Bogor
DOI:
https://doi.org/10.33592/unistek.v10i1.3482Abstract
Tata letak merupakan suatu hal yang mendasar untuk tercapainya efisiensi, sehingga dapat membantu suatu perusahaan menetapkan daya saing perusahaan dalam menentukan fleksibilitas, kapasitas, proses juga kualitas kerja, kontak dengan pembeli dan citra perusahaan. Berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan bahwa ada yang beberapa yang perlu diperbaiki dalam segi tata letak. Seperti kurang nya beberapa bagian yang cukup penting untuk berada dalam toko retail sehingga menyebabkan ketidaksesuaian display produk, sehingga dirasa tidak efisien maka dari itu diperlukan perencanaan ulang terhadap toko Mandirimart menggunakan metode analisis Activity Relationship Chart (ARC) dan (TCR) Total Closeness Rating maka didapatkan hasil tertinggi yaitu kasir sebesar 169 berupa keterangan A yang berarti kedekatan absolut atau sangat penting. Metode analisis tersebut digunakan pada penelitian ini dikarenakan dapat mengetahui hubungan dan keterkaitan dari suatu ruangan ke ruangan lainnya, juga mempermudah untuk mengambil pilihan atau keputusan yang tepat pada layout solution.
Kata Kunci : Tata Letak, ARC, TCR