Analisis Manajemen Strategi Berdasarkan SWOT Untuk Peningkatan Daya Saing dan Kualitas Layanan

Authors

  • Monita Rahayu Universitas Islam Syekh-Yusuf http://orcid.org/0000-0002-3208-3897
  • Ardhi Jaya Sampurna Universitas Islam Syekh-Yusuf
  • Giyanto Giyanto Universitas Islam Syekh-Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.33592/unistek.v10i2.3584

Abstract

Ditengah isu kualitas pendidikan yang dihadapi negara kita, terdapat banyak kekhawatiran tentang persiapan lembaga pendidikan dalam menghadapi persaingan secara global, khususnya pendidikan di tingkat universitas. Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) merupakan lembaga pendidikan islam di tingkat perguruan tinggi. Seiring dengan berjalannya waktu pendidikan tinggi menjamur di berbagai daerah termasuk di Tangerang dan sekitarnya, tentu saja hal ini menuntut fakultas teknik (UNIS) untuk meningkatkan kualitas sehingga memiliki daya saing. Ditambah lagi efek dari pandemi yang menurunkan minat calon mahasiswa yang mendaftar ke perguruan tinggi dengan berbagai alasan. Yang pada akhirnya menuntut fakultas untuk dapat memotret diri dan mengatur strategi untuk dapat bertahan kedepannya. Metode yang digunakan untuk manajemen strategi ini adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Treats). Dari hasil analisa SWOT yang sudah dilakukan strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing fakultas teknik (UNIS) adalah strategi growth dengan konsentrasi melalui integrasi horizontal. Ancaman dan kelemahan yang cukup besar sehingga perlu menerapkan strategi defensif.   

 

Kata Kunci : daya saing, manajemen strategi, SWOT

Published

2023-10-04