Analisis Pengendalian Kualitas Produk Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) di PT. BIL

Authors

  • Lulu Qurrotul Aini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sukanta

DOI:

https://doi.org/10.33592/unistek.v11i1.3729

Abstract

PT. BIL merupakan perusahaan yang bergerak di industri packaging plastik. Permasalahn yang ada pada PT. BIL yaitu masih terdapat banyak produk defect sehingga perlu dilakukannya perbaikan. Metode yang digunakan yaitu metode Statistical Quality Control (SQC) dengan menggunakan alat bantu statistik seperti checksheet, diagram pareto, peta kendali dan fishbone diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk defect terbesar terjadi pada jenis cacat black dot (bitnik hitam) dengan persentase 58,37% menduduki peringkat pertama, jenis cacat kontaminsi 29,37% dan jenis cacat deformation (penyok) 12,26% menduduki peringkat ketiga. PT. BIL memiliki data yang terkendali karena hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai peta kendali p revisi tidak ada yang melewati UCL maupun LCL. Usulan perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi kerusakan yaitu dengan melakukan pemeriksaan rutin, selalu mengganti material yang terkontaminasi, melakukan pengecekan mesin, memberikan program pelatihan untuk pekerja, menstabilkan temperatur agar tidak terlalu tinggi, menerapkan sistem daily maintenance, menggunakan sparepart paling unggul, menerapkan 5S, membuat jadwal dan SOP.

Published

2024-05-15