ANALISIS BEBAN KERJA FISIOLOGIS MAHASISWA SAAT PRAKTIKUM ANALISA PERANCANGAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE 10 DENYUT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33592/unistek.v7i1.463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kerja fisiologis pada mahasiswa saat melakukan praktikum  Analisa Perancangan Kerja Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh-Yusuf. Pengukuran denyut nadi merupakan salah satu cara untuk mengetahui beban kerja seseorang. Metode yang digunakan adalah metode 10 denyut. Dalam penelitian ini terdapat sampel sebanyak 6 orang mahasiswa yang akan diukur denyut nadi saat beraktivitas dan saat istirahat saat melakukan praktikum. Selain itu juga dihitung HR reverse, %CVL, konsumsi energi serta waktu istirahat. Dari hasil penelitian berdasarkan %CVL berada pada kategori tidak terjadi kelelahan sedangkan dari jumlah konsumsi energi rata-rata mahasiswa berada pada kategori ringan.

Kata Kunci : beban kerja, denyut nadi, %CVL

Author Biography

Monita Rahayu, Universitas Islam Syekh-Yusuf

Teknik Industri

References

Andriyanto. & Bariyah, Choirul. (2012). Analisis Beban Kerja Operator Mesi Pemotong Batu Besar (sirkel 160 cm) Dengan Menggunakan Metode 10 Denyut. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 136-143.

Emitua Purba. (2014). Analisis Beban Kerja Fisiologis Operator di Stasiun Penggorengan Pada Industri Kerupuk. e-jurnal Teknik Industri FT USU Vol 5 no 2, 11-16.

Rahayu, M. (2019). Analisis Pengaruh Kopi Dengan Jantung Pada Pemuda . UNISTEK, 5-12.

Sutalaksana, dkk. (2006). Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: ITB.

Tarwaka, B. (2004). Ergonomi Untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Pres.

Downloads

Published

2020-02-29