Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Karya Ilmiah Remaja melalui pendekatan kontekstual di SMA Manba’ul Ullum
DOI:
https://doi.org/10.33592/unistek.v7i1.493Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan karya ilmiah remaja dengan menerapkan pendekatan kontekstual di SMA Manba’ul Ullum. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Waktu penelitian berlangsung selama 3 bulan terhitung dari bulan September hingga November dengan sasaran 40 siswa. Terdapat dua jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian yakni kuantitatif dan kualitatif.. Kuantitatif dilakukan melalui ujian akhir setelah siswa selesai mempresentasikan karya ilmiahnya., Sedangkan kualitatif dilakukan melalui observasi saat tindakan, wawancara, catatan lapanagan dan analisis dokumentasi. Observasi merupakan pengamatan yang dilakukan oleh observer dan penasehat. Catatan lapangan dilakukan oleh masing-masing peneliti, observer dan kepala sekolah (Sebagai supervisi).. Sebelum siklus nilai rata rata penulisan laporan 73, setelah diberikan tindakan (siklus 1) nilai rata rata penulisan laporan 78 namun peningkatan ini dirasa belum signifikan oleh peneliti, observer, dan kepala sekolah, maka dilakukan siklus kedua dan memperoleh nilai rata rata penulisan laporan 80,4. Dari data sebelumnya dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis laporan karya ilmiah remajaReferences
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani. hal. 132
Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada Press Grup
Jamarnis, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indinesia.
Kasimin, d. (2012). Media Pembelajaran : Teori dan Aplikasi (pertama ed.). yogyakarta: Trust Media Publishing.
Knight, Randall D.(2012). Physics For Scientists And Engineers. 484 http://www.wilwy.com/go/permissions.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo. hal.45
Kustandi, C. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusmala, Dewi. 2010. Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Pasca Sarjana Unimed hal.13.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, hal. 190
Salim, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing. hal.23.