Pengembangan Alat Praktikum Venturimeter sebagai Media Penunjang Perkuliahan Fisika Dasar Prodi Teknik Sipil Universitas Islam Syekh-Yusuf

Authors

  • Febri Rismaningsih Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Asri Nurhafsari Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.33592/unistek.v7i1.496

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pengembangan alat praktikum venturimeter dan panduan praktikumnya sehingga dapat menjadi media pembelajaran yang layak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, dimana hanya dibatasi sampai tahap  pengembangan (develop) saja. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi penilaian kualitas produk oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ini dijadikan dasar untuk perbaikan produk sebelum diujicobakan. Data dalam penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mempertimbangkan 10 aspek untuk penilaian kualitas produk terhadap isi materinya dan 12 aspek kualitas produk terhadap medianya. Berdasarkan hasil analisis, alat praktikum dan panduan praktikum venturimeter untuk materi fluida untuk perkuliahan Fisika Dasar mahasiswa Teknik Sipil UNIS telah berhasil dikembangkan dengan memenuhi kriteria sehingga dapat digunakan sebagai alat praktikum. Kualitas alat praktikum dan panduan praktikum venturimeter untuk pembelajaran materi fluida yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi adalah sangat baik, dengan rerata skor 3,6 sedangkan penilaian ahli media adalah baik, yaitu dengan rerata skor 3,27 sehingga layak digunakan sebagai alat dan panduan praktikum venturimeter. 

References

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan.Alfabeta: Bandung

Thiagarajan,S., Semmel,D.S & Semmel, M.I.1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota

Downloads

Published

2020-02-29