Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Smks Patriot Nusantara Teluknaga dengan Metode Penelitian waterfall dan Metode Pengujian ISO/IEC 25010

Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Smks Patriot Nusantara Teluknaga dengan Metode Penelitian waterfall dan Metode Pengujian ISO/IEC 25010

Authors

  • Arif Rahman Mahasiswa
  • Sukisno Sukisno
  • M. Khoirul Anam

Abstract

Penelitian ini bertujuan dapat menghasilkan sebuah sistem informasi akademik berbasis website di SMKS Patriot Nusantara Teluknaga yang diharapkan dapat digunakan sebagai media penyimpanan, penyampaian dan mendapatkan informasi-informasi akademik pada sekolah yang dapat diakses dengan mudah atau kata lain dengan onlineyang dapat diakses kapan saja dan dimana saja hanya berbekalkan perangkat yang memiliki web browserdan jaringan internet.Metode yang digunakan dalam melakukan pengembangan dan perancangan sistem ini yaitu dengan menggunakan metode dengan model pengembangan waterfall dari 6 tahapan yang ada peneliti menggunaka 5 tahapan pada pengembangan model waterfallini yaitu requirement Analysis (Analisa kebutuhan), system design (desain sistem), Implementation(implementasi), testing (pengujian), dan depeloyment (Penyebaran).Dalam pengujian menggunakan standar internasional pengujian perangkat lunak yaitu metode ISO/IEC 25010 kepada 17 respondenyang terlibat diantaranya 2 guru dan 10 siswa, setelah uji coba respondendi berikan sebuah kusioner atau angket yang berguna untuk memberikan nilai untuk kualitas kelayakan serta keberhasilan keguanan sistem yang dibuat.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Rahman, A., Sukisno, S., & Anam, M. K. (2022). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Smks Patriot Nusantara Teluknaga dengan Metode Penelitian waterfall dan Metode Pengujian ISO/IEC 25010: Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Smks Patriot Nusantara Teluknaga dengan Metode Penelitian waterfall dan Metode Pengujian ISO/IEC 25010. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 2(2), 138–144. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/jimtek/article/view/1648