PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN SOSIAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada mahasiswa S1-Akuntansi Universitas Islam Syekh-Yusuf)
Keywords:
Kecerdasan Eosional, , Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Perilaku Belajar, Pemahaman AkuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa S1 akuntansi angkatan 2014 Universitas Islam Syekh - Yusuf Tangerang. Penelitian ini membagikan angket langsung kepada mahasiswa prodi akuntansi tahun ajaran 2014 dan yang telah menempuh minimal 120 SKS sebanyak 50 eksemplar. Jenis data dalam penelitian ini berupa data primer berbentuk kuantitatif. Tekhnik pemilihan sampel menggunakan tekhnik purposive sampling. dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik survei. Metode analisis data dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas data, multikoloniearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas), Analisis Liniear berganda, dan uji hipotesis (koefisien determinasi, uji signifikanis simultan f dan uji signifikansi parsial t). Berdasarkan Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Dan perilaku belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan pada ke empat variabel, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan perilaku belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License