PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP MATERI PECAHAN
Keywords:
Perception, Fraction, Analysis, InterpretaionAbstract
Lamon dalam (Clarke,Roche dan Mitchell, 2008, hlm. 373) mengemukakan bahwa banyak guru menemukan pecahan sulit untuk dipelajari dan diajarkan. Siswa dan calon guru mempelajari pecahan sejak Sekolah Dasar. Muncul pertanyaan pada diri penulis bagaimanakah persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan kemudian bagaimana persamaan dan perbedaan persepsi siswa dan calon guru terhadap pecahan? Tujuan artikel ini adalah mengkaji persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan serta persamaan dan perbedaan persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan.Persepsi siwa kelas VII terhadap lima interpretasi pecahan adalah mereka dapat menyelsaikan soal terkait pecahan sebagai bagian dari keseluruhan, hasil bagi operator dan perbandingan dengan interpretasi yang sesuai dengan makna interpretasi pecahan yang bersangkutan serta tidak ada siswa kelas VII yang dapat mengerjakan soal terkait pecahan sebagai ukuran dengan interpretasi yang sesuai dengan makna pecahan sebagai ukuran. Persepsi calon guru terhadap lima interpretasi pecahan adalah mereka dapat menyelsaikan soal terkait semua interpretasi pecahan. Setiap interpretasi terdapat calon guru yang daapt mengerjakan dengan interpretasi yang sesuai dengan makna interpretasi pecahan yang bersangkutan. Persamaan persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan adalah pada semua interpretasi pecahan. Sedangkan perbedaan persepsi siswa dan calon guru terhadap materi pecahan adalah pada interpretasi pecahan sebagai bagian dari keseluruhan, hasil bagi, operator dan ukuran, hanya interpretasi sebagai perbandingan yang terkecuali.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pelita : Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License