PENGEMBANGAN LABORATORIUM IPS UNTUK MATERI PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA

Authors

  • Devi Septiandini Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Laboratorium IPS, Mata Pelajaran Sosiologi SMA

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah adanya kebijakan di beberapa sekolah untuk menyelenggarakan Laboratorium IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model laboratorium IPS untuk mata pelajaran sosiologi Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang meliputi langkah – langkah analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini yakni berdasarkan analisis kebutuhan didapatkan bahwa keberadaan Laboratorum IPS sangat penting dalam pembelajaran sosiologi. Pada tahap desain dibuat desain konseptual sebagai landasan dalam pengembangan Laboratorium IPS. Pada tahap pengembangan di buat luaran atau produk berupa rancangan pembelajaran sosiologi untuk diintegrasikan dengan laboratorium IPS. Hasil evaluasi oleh ahli pembelajaran luaran atau produk tersebut masuk ke dalam

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Septiandini, D. (2021). PENGEMBANGAN LABORATORIUM IPS UNTUK MATERI PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA. Pelita : Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 21(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/1392